Perilaku Merokok pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

: Kunti Nurul Umamy
: G0008117
: 2011
: Ana Rima Setijadi dr.,Sp.P
: Jatu Aphridasari dr., Sp.P
: Dr. Eddy Surjanto dr.,Sp.P(K)
: Ipop Sjarifah Dra.,M.Si.

Abstrak :
ABSTRAK

Kunti Nurul Umamy, G.0008117. Perilaku Merokok pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret. Skripsi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.


Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara jenis fakultas, pengaruh teman sebaya, dan paparan iklan rokok dengan perilaku merokok mahasiswa Universitas Sebelas Maret.


Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan potong-lintang. Subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas Sebelas Maret. Teknik sampling menggunakan fixed-exposure sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuisioner dan Skala L-MMPI. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Analisis Multivariat (Regresi Logistik Berganda) dan Odds Ratio (OR).


Hasil Penelitian: Dari analisis data menggunakan uji regresi logistik ganda dengan angka kemaknaan α = 0,05 diperoleh hasil untuk variabel jenis fakultas p = 0,048 dengan OR = 2,067, untuk variabel kelompok teman p = 0,000 dengan OR = 37,037, dan paparan iklan rokok p = 0,240 dengan OR = 1,560.


Simpulan Penelitian: Secara statistik, terdapat hubungan yang signifikan antara jenis fakultas dan kelompok teman dengan perilaku merokok mahasiswa Universitas Sebelas Maret. Tidak ada hubungan antara paparan iklan rokok dengan perilaku merokok mahasiswa Universitas Sebelas Maret.

Kata kunci: perilaku merokok, mahasiswa Universitas Sebelas Maret.




Kembali