PENGARUH PEMBERIAN DINI MAKANAN PADAT TERHADAP KEJADIAN DIARE AKUT PADA BAYI

: Aldila Ayudia Amelia
: G0007001
: 2010
: Ganung Harsono dr, SpA. (K)
: Endang Listyaningsih S dr.,M.Kes.
: Rustam Siregar dr.,Sp.A
: Margono dr.,M.Kes.

Abstrak :
ABSTRAK



Aldila Ayudia Amelia, G0007001, 2010. PENGARUH PEMBERIAN DINI MAKANAN PADAT TERHADAP KEJADIAN DIARE AKUT PADA BAYI. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta.


Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian dini makanan padat terhadap insidensi diare akut pada bayi.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan metode case control yang dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2010 di beberapa Posyandu Balita binaan UPT.Puskesmas Sibela, Surakarta. Pengambilan sampel dilaksanakan secara fixed disease sampling dengan kriteria inklusi adalah (1) bayi usia kurang atau sama dengan 1 tahun yang mengunjungi Puskesmas Sibela atau posyandu-posyandu yang bertempat di wilayah kerja Puskesmas Sibela, Surakarta, (2) bayi yang mempunyai riwayat telah diperkenalkan makanan padat, (3) ibu bayi bersedia mengikuti sebagai responden dan telah menyetujui lembar informed consent. Sampel tidak dapat dipilih jika (1) memiliki riwayat berat badan lahir rendah., (2) memiliki riwayat kelainan bawaan (alergi, kelainan kongenital), (3) memiliki status gizi buruk. Ibu sampel mengisi (1) lembar informed consent, sebagai tanda persetujuan, (2) kuesioner mengenai data bayi, data ibu, kejadian diare akut, dan praktek pemberian makanan padat. Diperoleh data yang dapat dianalisis sebanyak 60 sampel. Data kemudian dianalisis menggunakan (1) Uji Chi Square, (2) Analisis Regresi Logistik Ganda melalui SPSS 17.0 for Windows.

Hasil : Dari hasil penelitian ini, didapatkan (1) Persentase kejadian diare akut pada bayi yang diberi makanan padat dini (< 4 bulan) lebih tinggi daripada bayi yang diperkenalkan makanan padat sejak umur bayi ≥ 4 bulan, dan perbedaan itu secara statistik sangat signifikan (P=0.0001), (2) hasil analisis regresi logistik ganda menunjukkan nila OR=40%, P= 0.0001, CI=6.07-261.34 .

Simpulan : Terdapat pengaruh yang cukup bermakna dari pemberian makanan padat terlalu dini terhadap kejadian diare akut pada bayi.


Kata Kunci: Pemberian dini, Makanan Padat, Diare Akut





Kembali