0271 664178     fk@fk.uns.ac.id

Fakultas Kedokteran

Universitas Sebelas Maret

PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANTARA ONDANSETRON DAN DROPERIDOL DALAM MENCEGAH INSIDEN POST OPERATIVE NAUSEA AND VOMITING

: Adhitia Nugrahanto
: G0006031
: 2010
: R. Th. Supraptomo dr.,Sp.An
: Vitri Widyaningsih dr, MS
: Purwoko dr.,Sp.An, KAKV
: Isdaryanto dr., PHK, MARS

Abstrak :
ABSTRAK

Adhitia Nugrahanto, G0006031, 2010 PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANTARA ONDANSETRON DAN DROPERIDOL DALAM MENCEGAH INSIDEN POST OPERATIVE NAUSEA AND VOMITING. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Insiden mual dan muntah pasca operasi atau yang dikenal dengan PONV (Post Operative Nausea and Vomiting) akhir-akhir ini mendapat perhatian khusus dari dokter spesialis anestesi karena merupakan komplikasi yang sering terjadi pada anestesi yang dirasakan tidak nyaman oleh pasien dan mempunyai potensi kegawatan bila terjadi pada pasien tidak sadar. Ondansetron dan droperidol adalah obat premedikasi anestesi yang dapat mengurangi mual dan muntah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas antara ondansetron dan droperidol sebagai premedikasi anestesi dalam mencegah insiden PONV.

Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah pasien operasi di IBS (Instalasi Bedah Sentral) RSUD dr. Moewardi, Surakarta. Data penelitian dianalisis statistik menggunakan chi square untuk mengetahui ada tidaknya perbedaaan yang bermakna.

Penelitian dengan purposive random sampling ini menggunakan 30 sampel yang terbagi menjadi dua kelompok, 15 orang mendapat ondansetron 0,056 mg/KgBB dan 15 orang mendapat droperidol 0,02 mg/kg. Didapatkan hasil 2 orang dari kelompok ondansetron dan 2 orang dari kelompok droperidol yang mengalami mual muntah pasca operasi.

Berdasarkan hasil analisis statistik didapatkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara pemberian ondansetron dan droperidol dalam mencegah insiden PONV. Hal ini berarti efektivitas ondansetron sebanding dengan droperidol dalam mencegah insiden mual muntah pasca operasi.





Kata kunci : Ondansetron - Droperidol - PONV





Kembali

Kontak Kami

JL Ir Sutami 36A
Surakarta , Jawa Tengah 57126

 0271 664178     fk@fk.uns.ac.id
© Hak Cipta 2010-2018 Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta