fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Workshop Pengelolaan Administrasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)


Fakultas Kedokteran akan menyelenggarakan "WORKSHOP PENGELOLAAN ADMINISTRASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK)" pada tanggal 24 s/d 25 Januari 2009 yang bertempat di Tawangmangu.

Pelaksanaa Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di Fakultas Kedokteran UNS sudah dimulai sejak tahun 2007 yakni pada saat itu Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi mewajibkan seluruh Fakultas Kedokteran di Indonesia melaksanakan KBK.

Dengan persiapan waktu, tenaga, sarana prasarana, dana serta metoda yang terbatas sejak pencanangan pelaksanaaan KBK tersebut, dan belum lancarnya pelaksanaan kurikulum di FK UNS, dikarenakan kurangnya pemahaman berbagai pihak untuk mendukung pelaksanaan KBK apalagi Fakultas Kedokteran UNS menerapkan metoda Kurikulum Berbasis Kompetensi Problem Base Learning (KBK-PBL). Sehingga dengan pelaksanaan Workshop, dapat meningkatkan pemahaman pelaksanaan KBK-PBL bagi semua pihak terkait, meningkatkan pengelolaan administrasi pendidikan FK.UNS, meningkatkan pelayanan administrasi pendidikan dan pengajaran, administrasi sumber daya manusia (kepegawaian), administrasi keuangan, administrasi umum & perlengkapan, administrasi kemahasiswaan.

Target / hasil yang diharapkan adalah sebagai berikut:

  1. Semua bidang administrasi memahami dalam melaksanakan tugasnya sesuai bidangnya untuk melaksanakan KBK-PBL di FK.UNS
  2. Semua bidang administrasi dapat merencanakan pengelolaan administrasi dalam pelaksanaan KBK-PBL di FK.UNS selama setahun berikutnya.
  3. Semua bidang administrasi dapat bekerjasama saling mendukung untuk meningkatkan pelayanan kepada stakeholder masing-masing.
  4. Memiliki struktur tugas semua bidang pelayanan adminitrasi FK.UNS
  5. Menyempurnakan deskripsi tugas bagi semua bidang pelayanan administrasi FK.UNS