0271 664178     fk@fk.uns.ac.id

Fakultas Kedokteran

Universitas Sebelas Maret


ISMKI Membumi Regio Solo


13/11/2018



Pada 10 November 2018 di Ruang Auditorium Lantai 7 Rumah Sakit Indriati Solo Baru telah diselenggarakan kegiatan *ISMKI Membumi Regio Solo*

Kegiatan ini dihadiri Dekan FK UNS Prof. Dr.Hartono, M.Si, dr. Fatnan Setyo Hariwibowo, Sp.PD dan Rizal Rian Dhalas, S.Ked sebagai pembicara dalam talkshow “Mengenal ISMKI”. Lalu dihadiri pula Stefanus Erdana Putra, S.Ked dan Kamila Muyasarah sebagai pembicara dalam talkshow “Preklinik dan Klinik, bagaimana melaluinya dengan cara tidak biasa”.

Acara dibuka oleh MC lalu sambutan dari Ketua Panitia Sadam Ulfin. Lalu dilanjutkan dengan acara pertama yaitu talkshow “Mengenal ISMKI”.

Dalam talkshow pertama, Prof. Hartono, dr. Fatnan serta saudara Rizal bercerita tentang ISMKI pada zamannya dan bagaimana beliau-beliau dapat mempertahankan komitmennya selama berorganisasi tanpa harus mengorbankan akademis. Poin-poin yang perlu diingat dalam talkshow ini adalah :
  1. Lanjutkan kegiatan organisasi saat masih mahasiswa agar mendapatkan soft skill serta relasi yang dibutuhkan kelak di masa depan saat sudah menjadi dokter.
  2. Mahasiswa kedokteran harus kritis dan harus siap menerima kritikan atas pendapat yang diutarakan atau tindakan yang dilakukan.
  3. Jangan mengkritisi bila tidak menguasai bidang yang akan dikritisi, banyak membaca untuk memperluas wawasan.
Setelah talkshow “Mengenal ISMKI” para pembicara menerima kenang-kenangan serta sertifikat dari panitia, lalu berfoto serta meneriakkan jargon ISMKI Wilayah 3 bersama-sama.

Acara selanjutnya yaitu talkshow “Preklinik dan Klinik bagaimana melaluinya dengan cara tidak biasa”. Saudara Erdana serta saudari Muya sebagai pembicara bercerita tentang kehidupan perkuliahan yang tidak biasa dan tetap positif. Ada beberapa hal utama yang disampaikan dalam acara ini yaitu :
  1. Tetaplah berprasangka baik pada tuhan YME meskipun sedang menghadapi kesulitan.
  2. Selalu siap menolong siapapun tanpa mengharap imbalan, karena pertolongan tidak harus datang dari orang yang pernah ditolong tetapi bisa dari orang lain.
  3. Milikilah kegiatan yang positif saat sedang menghadapi kesulitan.
  4. Tetaplah aktif kegiatan non-akademis agar seimbang hard skill dan soft skill yang dimiliki.
  5. Selalu mohon do’a orang tua saat akan menghadapi ujian.
  6. Setelah acara talkshow kedua selesai para pembicara menerima kenang-kenangan serta sertifikat dari panitia, lalu berfoto bersama.
Kegiatan dilanjutkan dengan sholat dhuhur terlebih dahulu. Kegiatan berikutnya adalah hospital visit, didampingi oleh pihak HRD Rumah Sakit Indriati, para peserta diajak berkeliling melihat fasilitas apa saja yang ada di Rumah Sakit Indriati.

Setelah hospital visit, peserta kembali ke auditorium untuk penutupan lalu dipersilahkan pulang setelah mendapat souvenir dan sertifikat.







Daftar Informasi

Kontak Kami

JL Ir Sutami 36A
Surakarta , Jawa Tengah 57126

 0271 664178     fk@fk.uns.ac.id
© Hak Cipta 2010-2018 Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta