fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Terima Kunjungan dari FK Universitas Andalas Terkait Benchmarking Pembentukan PPDS Psikiatri


 

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) menerima kunjungan dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (UNAND) pada hari Jumat (18/11/2022). Kunjungan ini sebagai langkah awal dari UNAND yang akan membuka Program Studi (Prodi) Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Psikiatri.

Dekan FK UNAND, Dr. Afriwardi, dr., S.H., Ap.KO., MA didampingi Ketua Tim Pembentukan PPDS 1 Psikiatri FK UNAND, Taufik Ashal, dr., Sp.K.J dan Sekretaris Tim Pembentukan PPDS 1 Psikiatri FK UNAND, Eldi Sauma, dr., Sp.K.J diterima langsung oleh Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) beserta jajaran pimpinan dan staf Prodi Psikiatri FK UNS di Ruang Sidang 1 Gedung Soetjipto.

Dalam kesempatan ini Dr. Afriwardi menyampaikan jika kebutuhan dokter spesialis khususnya bidang psikiatri di Provinsi Sumatera Barat sangatlah tinggi sedangkan jumlah dokter spesialis psikiatri yang tersedia belum mencukupi sehingga FK UNAND berinisiatif untuk membuka prodi Psikiatri. Kunjungan ke FK UNS ini sebagai usaha dari FK UNAND untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang proses mendirikan Prodi Psikiatri.

“Tujuan kami berkunjung kesini tidak lain adalah untuk melihat secara langsung Prodi Psikiatri FK UNS serta mencoba mencari informasi yang kami butuhkan untuk mendirikan prodi psikiatri,” ucap Dr. Afriwardi.

Dekan FK UNS, Prof. Reviono menyambut baik kunjungan ini dan berharap banyak manfaat yang bisa diambil dari kunjungan ke FK UNS.

“Terima kasih karena telah berkunjung ke sini, semoga banyak manfaat yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan. Kami siap memberikan informasi yang dibutuhkan, nanti akan dibantu oleh pihak program studi psikiatri,” ucap prof. Reviono.

Menurut Prof. Reviono, pada saat ini kesempatan membuka program studi yang berkaitan dengan kesehatan dibuka seluas-luasnya untuk mengejar kekurangan tenaga kesehatan yang masih dirasakan sangat kurang, sehingga kesempatan ini harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Setelah berdiskusi dengan Kepala Prodi Psikiatri FK UNS, rombongan menuju ke Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi dan Rumah Sakit Jiwa Daerah dr. Arif Zainudin untuk melihat secara langsung sarana dan prasarana serta kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung disana.

 

Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini