0271 664178     fk@fk.uns.ac.id

Fakultas Kedokteran

Universitas Sebelas Maret

Pengaruh Pemberian Teh Kombucha Terhadap Penurunan Kadar Kolesterol Total Dalam Darah

Diah Winarni, Eva Noelfiasma,Faqihuddin Ahmad, Galih Herlambang, Toumi Shiddiqi

Abstrak

Teh kombucha diperoleh setelah teh melewati proses fermentasi dengan koloni kombucha yang terdiri dari simbiosis bakteri dan jamur. Teh kombucha mengandung niasin, katekin, asam askorbat, asam folat, asam glukoronat, asam glukonat, asam asetat, asam hialuronat, asam laktat dan asam amino. Mekanisme penurunan kolesterol total darah oleh teh kombucha berbasis pada peran niasin dan katekin. Niasin berperan dalam metabolisme lipid untuk menghasilkan energi dan menurunkan kadar LDL dan trigliserida, serta meningkatkan kadar HDL. Katekin mengurangi penimbunan kolesterol dalam darah dan mempercepat pembuangan kolesterol melalui feses.

Penelitian ini merupakan eksprimen kuasi dengan rancangan penelitian pre and post test control group design. Subyek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret sebanyak 32 orang yang yang dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi. Subjek penelitian dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu kelompok kontrol (K-1) yang diberi air putih 300 mL/hari, perlakuan I (K-2) yang diberi teh kombucha 200 mL/hari, perlakuan II (K-3) yang diberi teh kombucha 300 mL/hari dan perlakuan III (K-4) yang diberi teh kombucha 400 mL/hari. Perlakuan diberikan selama 18 hari.

Data yang diperoleh dianalisis dengan uji ANOVA dan uji Least Significance Difference (LSD) pada p = 0,05. Terdapat perbedaan bermakna antara kelompok K-1 dan K-3 (p = 0,011) dan perbedaan tidak bermakna antar kelompok lain. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teh kombucha mempunyai kecenderungan menurunkan kadar kolesterol total darah meskipun secara statistik tidak terbukti. Penurunan kadar kolesterol total darah paling optimum didapatkan pada dosis 300 mL/hari. Adapun saran yang bisa diberikan, yaitu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan mengendalikan variabel pengganggu dan dengan menggunakan kontrol positif sehingga bisa mengetahui tingkat keefektivan teh kombucha dalam menurunkan kadar kolesterol darah.

Kata kunci: teh kombucha, kolesterol total darah, manusia



Kontak Kami

JL Ir Sutami 36A
Surakarta , Jawa Tengah 57126

 0271 664178     fk@fk.uns.ac.id
© Hak Cipta 2010-2020 Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta