0271 664178     fk@fk.uns.ac.id

Fakultas Kedokteran

Universitas Sebelas Maret


Solo Medical Checkup Di CFD Ramai Dikunjungi Masyarakat Solo


10/2/2020



Solo Medical Cup (SMC) merupakan event tahunan berskala Nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret dan merupakan salah satu program kerja dari BEM FK UNS. Acara ini sudah berjalan dari tahun 2011 dan saat ini sudah menginjak pada tahun yg ke 10. Peserta Panitia oleh mahasiswa FK UNS tahun pertama dan tahun kedua yang saat ini merupakan mahasiswa angkatan 2018 dan 2019. Untuk tahun 2020 ini bekerjasama dengan panitia Dies Natalis UNS yang ke-44.

 

Event SMC ini merupakan suatu rangkaian acara yang sedang berjalan dari bulan Desember 2019 hingga nantinya berakhir pada bulan Februari 2020. Dikemas dalam susunan pre event yang terdiri dari 
1. Try Out diselenggarakan pada tanggal 21 Desember 2019 di Auditorium UNS
2. Open House yang diselenggarakan pada tanggal 22 Desember 2019 di FK UNS
3. Bakti sosial Solo Medical Checkup yang diselenggarakan pada tanggal 9 Februari 2020 di Car Free Day Solo
4. Wilujeng Party yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2020 di Balai Kota Solo

Dan rangkaian utama SMC (Main Event) berupa kompetisi basket dan futsal tingkat SMA se- Joglosemar dan tingkat Universitas FK di seluruh Indonesia yang akan diselenggarakan pada tanggal 16-22 Februari 2020 di GOR UNS dan GOR Bhineka Sritex.

Pada hari ini 9 Februari 2020, diadakan Solo Medical Checkup di kawasan MAN 2 Surakarta. Terdiri dari pemeriksaan kesehatan dan konsultasi gratis, pemeriksaan GCU, penyuluhan pentingnya sarapan dan pembagian sarapan gratis untuk peserta Solo Medical Checkup 2020. 

Bertemakan Eat Well Live Well yang mengangkat pentingnya sarapan dan budaya hidup sehat dan seiring dengan tujuan diadakannya kegiatan ini, kami seluruh panitia mengajak warga solo untuk melakukan sarapan dan berperilaku hidup sehat melalui kegiatan ini. Diharapkan, setelah mengikuti kegiatan ini masyarakat dapat mengimplementasikan keinginan dan tujuan dari panitia agar masyarakat lebih mawas untuk sarapan dan berperilaku hidup bersih dan sehat.

Acara Solo Medical Checkup dibuka dengan sambutan oleh ketua panitia SMC 2020, lalu dilanjutkan sambutan oleh Dr. Selfi Handayani, dr., M.Kes (Wakil Dekan Bidang 3 FK UNS) selaku penanggung jawab dan pembina kegiatan SMC 2020, lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Prof. Dr. Samanhudi, S.P., M.Si. selaku ketua panitia Dies Natalis UNS bidang Pengabdian Masyarakat. Acara dilanjutkan, dengan adanya penyuluhan mengenai pentingnya sarapan dan perilaku hidup bersih dan sehat beserta tanya jawab dengan dokter penyuluh dari residen obgyn dari RSUD Moewardi berjumlah 10 orang. Seiring berjalannya acara tersebut, peserta Solo Medical Checkup dapat melakukan pemeriksaan kesehatan gratis, cek gula darah, kolesterol, dan asam urat secara gratis dan dilakukan oleh volunteer dari mahasiswa-mahasiswa FK UNS. Setelah melakukan rangkaian pemeriksaan dan acara tersebut, peserta dapat mengambil sarapan yang dibagikan secara gratis dari pihak panitia. Warga solo sangat antusias mengikuti kegiatan ini, lebih dari 200 orang yang hadir dan mendapatkan pelayanan tersebut. Harapannya acara ini dapat kembali diselenggarakan di tahun-tahun berikutnya dan selalu memberi manfaat bagi masyarakat khususnya di kota Solo dan sekitarnya.

Humas Fakultas Kedokteran UNS Ari Kusbiyanto




Daftar Informasi

Kontak Kami

JL Ir Sutami 36A
Surakarta , Jawa Tengah 57126

 0271 664178     fk@fk.uns.ac.id
© Hak Cipta 2010-2020 Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta