0271 664178     fk@fk.uns.ac.id

Fakultas Kedokteran

Universitas Sebelas Maret


ORMAWA Fakultas Kedokteran UNS Suarakan Hati Perempuan


10/3/2020



Hari ini hari bahagia
Hari Wanita seluruh dunia
Mari kita bersama sama
suarakan hak wanita
Stop kekerasan pada perempuan
Stop pelecehan pada perempuan
Stop pembatasan hak hak perempuan
Junjung kesetaraan~

Pada tanggal 7 sampai 8 Maret 2019, telah dilaksanakan rangkaian selebrasi Hari Perempuan Sedunia yang merupakan aktivitas kolaborasi dari CIMSA FK UNS dan BEM FK UNS. Kegiatan yang telah dilaksanakan berupa talk show dan long march yang mengangkat tema gender-based cyber violence. Tema tersebut dipilih sebab kesadaran mengenai isu tersebut dianggap masih kurang, sementara kejadian kekerasan berbasis gender yang terjadi semakin marak. Dikutip dari Komnas Perempuan, telah terjadi peningkatan signifikan terkait laporan kasus kekerasan berbasis gender selama lima tahun terakhir. Tercatat sepanjang thaun 2019 terdapat 431.371 kasus kekerasan pada perempuan. Sebanyak 1.419 kasus ditangani oleh Unit Pelayanan dan Rujukan Komnas Perempuan. Dari pengaduan tersebut, 1.277 kasus merupakan kekerasan berbasis gender. Selain itu, selebrasi Hari Perempuan Sedunia sekaligus merupakan salah satu kontribusi FK UNS dalam mendukung program SDGs (Sustainable Development Goals) yang dicanangkan oleh PBB.

Rangkaian selebrasi Hari Perempuan Sedunia diawali dengan sambutan oleh Hadiqa Almas Zahira dan Nanda Nickolla selaku ketua pelaksana dari CIMSA FK UNS dan oleh Salman Alfarisy sebagai Presiden BEM FK UNS. Selanjutnya, kegiatan disambung dengan talk show yang diselenggarakan di RK 5 Gedung Pendidikan Dokter FK UNS dengan narasumber Ibu Selfi Rawung, S.KM, Kepala Bagian Pemberdayaaan Perempuan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Surakarta dan dihadiri oleh peserta dari FK UNS dan juga fakultas lain. 
Sesi talk show meliputi pemaparan materi oleh Ibu Selfi Rawung, S.KM mengenai definisi, jenis, penyebab, cara pencegahan, serta cara penanggulangan dari kekerasan berbasis gender di dunia maya. Usai pemaparan materi, diadakan sesi tanya-jawab dan focus group discussion. Melalui focus group discussion, diharapkan peserta talk show mampu langsung mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan melalui diskusi kasus-kasus kekerasan berbasis gender di dunia maya yang telah terjadi di Indonesia. Rangkaian selebrasi hari pertama diakhiri dengan presentasi dari tiap kelompok  atas hasil diskusi yang telah dilakukan.

Rangkaian dilanjutkan pada tanggal 8 Maret 2020, bertepatan dengan tanggal selebrasi dunia untuk International Women's Day. CIMSA FK UNS dan BEM FK UNS mengadakan long march dan small group campaign di Car Free Day Slamet Riyadi, dengan peserta dari anggota CIMSA FK UNS DAN BEM FK UNS itu sendiri. Dimulai dari long march, peserta membawa spanduk bertuliskan International Women's Day dengan mengusung tagline #HerSpaceHerRights dan #EachforEqual di sepanjang jalan dari Taman Sriwedari hingga depan McD Slamet Riyadi. 

Sepanjang long march, peserta mengumandangkan yel-yel yang mendukung hak-hak perempuan. Dilanjutkan dengan kampanye tentang kekerasan gender berbasis online (KGBO) secara berkelompok kepada pengunjung CFD. Peserta berhasil menyuarakan isu ini melalui kampanye kelompok ke lebih dari 30 orang. Masyarakat yang menyaksikan longmarch dan mendapatkan ilmu dari kampanye ini sangatlah antusias. Harapannya tujuan kegiatan ini dapat tersampaikan kepada masyarakat dan dapat memberikan manfaat sebanyak-banyaknya. Terutama teruntuk perempuan-perempuan di dunia, Indonesia dan khususnya Surakarta, semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan dorongan untuk selalu berani menyuarakan hak- hak perempuan dan masyarakat sekitar lebih mawas terhadap isu ini. 

Humas Fakultas Kedokteran UNS Ari Kusbiyanto




Daftar Informasi

Kontak Kami

JL Ir Sutami 36A
Surakarta , Jawa Tengah 57126

 0271 664178     fk@fk.uns.ac.id
© Hak Cipta 2010-2020 Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta