0271 664178     fk@fk.uns.ac.id

Fakultas Kedokteran

Universitas Sebelas Maret


Pengukuhan 2 Guru Besar Fakultas Kedokteran UNS Secara Daring  “Untuk Melawan Musuh Pada Perang Dunia Ke IV”


22/5/2020



Bersamaan dengan momentum peringatan hari kebangkitan Nasional Bangsa Indonesia tanggal 20 Mei 2020, Universitas Sebelas Maret mengadakajnupacara pengukuhan 2 Guru Besar dari Fakultas Kedokteran UNS secara online/daring sesuai dengan protocol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah RI. Kehadiran 2 Guru Besar ini yaitu :
1.    Prof. Ari Natalia Probandari, dr., M.P.H., Ph.D. 
Guru Besar Bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat
“ Covid-19 pandemic and Indonesia health systems resilience : lessons learned and ways forward “
2.    Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K).
Guru Besar Bidang Ilmu Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi
“ Covid-19 Penyakit seribu wajah, Seribu masalah “
Menambah jumlah guru besar UNS menjadi 220 terdiri dari 122 guru besar aktif.

Munculnya guru besar UNS dari Fakultas Kedokteran ini pada masa pandemic Covid-19 mempunyai peran yang sangat penting dalam menghentikan laju perkembangan virus yang sangat mematikan ini. Akibat serangan musuh yang tidak nampak wujudnya yaitu covid-19, bahwa serangan virus corona inilah yang disebut sebagai Perang Dunia ke IV.
Saat ini teman teman sejawat dokter dan tim medis seluruh dunia sedang menghadapi kondisi kegawat daruratan kesehatan yaitu akibat serangan musuh yang mematikan yang  tidak nampak wujud  yaitu covid-19.

Pandemi ini adalah ujian terbesar bukan hanya tim kesehatan saja melainkan juga pimpinan dunia karena langkah dan kebijakan yang diambil harus menunjukan kecakapan. Harus diakui bahwa situasi ini memberikan tekanan mental kepada siapa saja karena tingginya faktor ketidaktahuan dan ketidakpastian tentang apa yang bisa mengalahkan covid-19. Harus diingat bahwa pertarungan terbesar dalam kekalahan melawan pandemi covid-19 adalah runtuhnya sistem kesehatan nasional, oleh karena itu bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2020 ini, Fakultas Kedokteran UNS melahirkan 2 Guru Besar dibidang Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi. Munculnya 2 guru besar ini diharapakan untuk mencegah membantu menanggulangi laju wabah covid -19 yaitu untuk dapat menemukan obat dan vaksin anti virus yang efektif untuk menyembuhkan penyakit covid -19.

UNS yang didukung oleh seluruh civitas akademikanya telah keluar sebagai kampus yang mewujudkan pengabdian kepada masyarakat yang pada saat ini sedang menderita karena keganasan virus covid-19 ini.

Humas Fakultas Kedokteran UNS. Ari Kusbiyanto, S.Pi., M.H.




Daftar Informasi

Kontak Kami

JL Ir Sutami 36A
Surakarta , Jawa Tengah 57126

 0271 664178     fk@fk.uns.ac.id
© Hak Cipta 2010-2020 Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta