fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Webinar PERNEFRI Surakarta

 

“Penyakit Ginjal Kronis Dan Sistem Kardiovaskular”

Kesehatan menjadi harta yang tak ternilai harganya bagi kita. Ini dapat kita rasakan diwaktu kondisi sakit. Sebab jika kita sakit akan menghabiskan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itulah, kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh kita utamanya organ ginjal.
Ginjal merupakan organ yang sangat vital pada tubuh kita. ini dikarenakan fungi ginjal sebagai organ yang berperan penting dalam mengatur keseimbangan asam-basa, pengaturan tekanan darah, merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah, membantu mempertahankan kalsium untuk tulang. Begitu besarnya peran ginjal bagi tubuh kita. Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) di Surakarta memandang perlu membuat acara seminar pengetahuan tentang pentingnya kesehatan Ginjal kepada masyarakat dan medis secara daring.

PERNEFRI mengadakan Seminar secara daring dengan tema Penyakit Ginjal Kronis dan Sistem Kardiovaskular selama dua hari yaitu tanggal 6 sampai dengan 7 Januari 2021 dimulai pukul 13.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB. Untuk hari pertama lokasi pembicara di Hotel  Sunan Solo dan Moderator di Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) dan Hari kedua  lokasi pembicara di rumah kediaman dr. Wachid Putranto, Sp.PD-KGH., FINASIM dan Moderator di Kampus FK UNS. Acara tersebut dihadiri oleh 100 peserta yang merupakan tim medis, Tenaga pendidik, dan mahasiswa serta partisipan lainnya.

Hari pertama acara dimulai dengan pembukaan oleh Prof. Dr. HM. Bambang Purwanto, dr., Sp.PD-KGH., FINASIM selaku Moderator acara. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi yang pertama oleh dr.Ratih Tri Kusuma Dewi, Sp.PD-KGH., FINASIM dengan topik  Aritmia pada CKD dilanjut pembicara kedua Dr. dr. Agung Susanto, Sp.PD-KGH., FINASIM dengan Topik Pendekatan Asupan Gizi pada Pasien CKD dengan Gangguan Jantung, Pemateri selanjutnya dr.Diding Heri Praseto, Sp.PD., FINASIM dengan topik Acute Coronary Syndrome pada PGK dan diakhiri dengan diskusi tanya jawab.

Hari kedua acara dibuka oleh Moderator kemudian masuk materi pertama oleh pembicara dr. Wachid Putranto, Sp.PD-KGH., FINASIM dengan topik Anemia, PGK dan Kejadian Kardiovaskular dilanjutkan pemateri yang kedua dr. Aryo Suseno, Sp.PD., M.Kes., FINASIM dengan topik Intepretasi Enzim Marker Kardiak pada Pasien PGK, dilanjutkan pemateri yang terakhir di hari terakhir adalah dr.Diding Heri Praseto, Sp.PD., FINASIM dengan topik Heart Failure pada PGK dan Diskusi tanya jawab. Acara seminar ini ditutup oleh Moderartor pukul 15.00 WIB.

 

 

Humas FK UNS Ari Kusbiyanto