fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Seminar tentang Nutrisi untuk Ibu Hamil secara Daring


 

“Nutrisi selama kehamilan”

Seminar yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia di Surakarta atau disingkat POGI Surakarta sudah kesekian kalinya diadakan. Salah satu acaranya dilaksanakan pada hari Sabtu Tanggal 16 Januari 2021 dimulai pukul 09.00 WIB oleh Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (Obsgin FK UNS), Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi (RSDM), dan POGI Surakarta. Acara ini diikuti oleh rekan-rekan sejawat sebanyak 1626 orang melalui aplikasi Zoom dan Youtube.

Tujuan acara seminar ini adalah POGI Surakarta dapat memberikan suatu pengetahuan yang selalu update atau terbaru tentang Obstetri dan Ginekologi (Ginekologi adalah ilmu kedokteran yang fokus mempelajari organ reproduksi wanita, sedangkan Obstetri adalah ilmu kedokteran yang khusus mempelajari kehamilan dan persalinan). Tujuan yang lain yaitu dapat memberikan masukan kepada sejawat semuanya.

Selama kehamilan nutrisi sangatlah penting untuk pencegahan kematian maternal atau kematian ibu hamil yang merupakan kematian wanita sewaktu hamil, melahirkan atau dalam 42 hari sesudah berakhirnya kehamilan. Mencegah kematian maternal itu bukan hanya yang terjadi di rumah sakit atau puskesmas tetapi mencegahnya secara dini. Sesuai arahan POGI dan Kemenkes, mencegah kematian maternal itu dimulai sejak dini yaitu dengan memperbaiki pemberian nutrisi dan memperbaiki penyakit-penyakit pada ibu hamil sehingga saat persalinan tidak menyebabkan ibu meninggal, yang banyak terjadi dirumah sakit. Selain itu, dengan nutrisi yang baik kepada ibu hamil diharapkan mencegah diabetes, preeklamsia (yaitu kondisi peningkatan tekanan darah disertai dengan adanya protein dalam urine, kondisi ini terjadi setelah usia kehamilan lebih dari 20 minggu) dan penyakit lainnya.

Webinar ini ditujukan dan diharapkan dapat bermanfaat bagi dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi (Kebidanan dan Kandungan) atau SpOG, maupun bidan dan rekan sejawat lainnya, sehingga bisa menambah pengetahuan kita semua.

 

Humas FK UNS: Ari Kusbiyanto