fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Workshop Video Pembelajaran oleh Unit Pengembang Virtual Learning Fakultas Kedokteran UNS

 

Pandemi Covid-19 yang menyebar di seluruh bagian dunia dan sudah berlangsung lebih dari satu tahun memaksa dunia pendidikan untuk mencari cara agar pembelajaran yang diadakan secara daring tetap menarik seperti halnya saat pembelajaran luring. Para pengajar dituntut lebih kreatif dalam menyajikan materi yang akan disampaikan agar para peserta didik antusias mengikuti perkuliahan ditengah keterbatasan.

Unit Pengembang Virtual Learning (UPVL) Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) mengadakan acara Workshop Video Pembelajaran yang terbuka untuk umum dan dilaksanakan selama two hari pada tanggal 17-18 Februari 2021.

Workshop diawali oleh sambutan Ketua Unit Pengembang Virtual Learning Fakultas Kedokteran UNS, dr. Nur Hafidha Hikmayani, M.Clin.Epid. Ph.D dilanjutkan sambutan sekaligus pembukaan workshop oleh Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) selaku Dekan Fakultas Kedokteran UNS.

Pembicara pertama dalam acara ini adalah dr. Warigit Dri Atmoko, Sp.PD., M.Kes atau lebih dikenal dengan panggilan dr. Yongki dari RSI Sultan Agung Semarang yang membawakan materi ‘Akting di Depan Kamera’. Dalam sesi ini dijelaskan bagaimana cara mempersiapkan diri sebelum dan selama di depan kamera serta penguasaan materi. Banyak hal menarik yang bisa dijadikan wawasan baru dari pembicara ini karena pengalaman beliau yang sudah sering tampil di televisi nasional.

Pembicara kedua adalah dr. Dian Nugroho, M.Med.Ed dari Tim UPVL Fakultas Kedokteran UNS yang mengambil tema ‘Penyusunan Script dalam Bentuk Storyboard’. Sesi ini menjelaskan tentang pentingnya sebuah storyboard sebagai landasan atau pondasi dalam membuat sebuah video. Dalam storyboard ini dijelaskan secara rinci bagaimana dan dari arah mana aktor bergerak, audio yang mengiringi, sudut pengambilan gambar oleh kamera hingga durasi dalam setiap scene.

Acara Workshop Unit Pengembang Virtual Learning ini masih akan diteruskan pada hari kedua yang mengambil tema ‘Pengembangan Video dengan Low Cost Materials’ yang akan dibawakan oleh Arif Ranu Wicaksono, S.Kom., M.Kom dari Fakultas Seni Rupa dan Desain UNS.

 

HUMAS FK UNS: Muh. Abu Dawud