fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Tim RGDC FK UNS: Pelatihan Relawan Cegah Covid di Desa Belang Wetan Klaten “Jogo Rogo, Jogo Keluargo, lan Jogo Tonggo”

 

Prof. Ari Natalia Probandari,dr.,MPH.,Ph.D
Ketua Peneliti RGDC FK UNS

Sabtu (3/4/2021) Kegiatan pelatihan relawan Community Empowerment for Management And Rehabilitation of Covid-19 atau lebih dikenal dengan sebutan (Cegah Covid) merupakan salah satu proyek penelitian dari tim Research Group Disease Control (RGDC) Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) yang diketuai oleh Prof. Ari Natalia Probandari,dr.,MPH.,Ph.D, yang mana kegiatan berlangsung dengan 2 metode yaitu daring dan luring yang berlokasi di Taman Sehat Rejosari (TASERO) dengan konsep terbuka dan menerepkan protokol kesehatan.

Peserta Relawan Cegah Covid (Luring)

Peserta Relawan Cegah Covid (Daring)

Kegiatan pelatihan relawan ini diikuti oleh 85 peserta secara daring dan 35 secara luring atau tatap muka, dimana peserta terdiri dari 80 Mahasiswa Kesehatan dan 40 Kader karang taruna Desa Belang Wetan, Klaten Utara yang dimana menjadi daerah binaan dari tim RGDC FK UNS. Materi yang disampaikan oleh dr. Akhyar Arifin yang merupakan alumni FK UNS tahun 1997 ini yaitu Pendampingan Karantina dan Isolasi Mandiri kemudian disambung dengan dr. Berlian Permata Sakti yang juga alumni FK UNS tahun 2011 ini membawakan materi dengan tema Adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19, adanya diskusi dan tanya jawab membuat suasana semakin interaktif.

Kegiatan pelatihan ini juga diadakan dengan tujuan membuat kader karang taruna dan mahasiswa kesehatan untuk memberikan edukasi dan pendampingan terhadap warga terkait dengan isu, stigma, pengetahuan, dan sikap masyarakat dengan masih adanya virus Covid-19 di lingkungan kita, dengan jargon unggulan yaitu ‘Jogo Rogo,Jogo Keluargo dan Jogo Tonggo’ ini diharapkan dari kegiatan yang dilaksanakan baik secara daring maupun luring dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi penyebaran wabah virus Covid-19.


HUMAS FK UNS: Ari Kusbiyanto