fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS: Workshop Pendampingan UPK untuk Perbaikan Kurikulum Prodi dan Sinkronisasi dengan SIAKAD

 

Perubahan kurikulum di perguruan tinggi merupakan aktivitas rutin yang harus dilakukan sebagai tanggapan terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) (scientific vision), kebutuhan masyarakat (societal needs), serta kebutuhan pengguna lulusan (stakeholder needs). Permasalahan yang sering timbul di kalangan akademisi adalah pemahaman tentang bagaimana melakukan rekonstruksi kurikulum pendidikan tinggi yang masih sangat beragam baik antar program studi sejenis maupun antar perguruan tinggi.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Pasal 35 ayat 2 mengamanatkan bahwa Kurikulum Pendidikan Tinggi dikembangkan oleh setiap Perguruan Tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk setiap Program Studi yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan. Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti), sebagaimana diatur dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 Pasal 1, menyatakan kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi.

Kurikulum Pendidikan Tinggi merupakan amanah institusi yang harus senantiasa diperbaharui sesuai dengan perkembangan kebutuhan dan IPTEKS yang dituangkan dalam Capaian Pembelajaran. Perguruan tinggi sebagai penghasil sumber daya manusia terdidik perlu mengukur lulusannya, apakah lulusan yang dihasilkan memiliki ‘kemampuan’ setara dengan ‘kemampuan’ (capaian pembelajaran) yang telah dirumuskan dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).


Peserta workshop (Luring) di Auditorium FK UNS

FK UNS mengadakan Workshop Klinik Pendampingan Kurikulum Program Studi  Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) dan Kebidanan FK UNS selama lima  hari mulai tanggal 5 sampai dengan 9 April 2021 di Auditorium FK UNS, yang dihadiri oleh Dekan dan Wakil Dekan, Kaprodi, Tim UPK dan para tenaga pendidik (dosen) FK UNS secara luring.

Dr. Veronika Ika Budiastuti, dr.,M.Pd.
Ketua UPK FK UNS

Dikutip dari laporan Ketua Unit Pendidikan Kedokteran (UPK) FK UNS (sekaligus sebagai ketua panitia acara workshop ini) Dr. Veronika Ika Budiastuti, dr.,M.Pd. menegaskan:
“Dalam lima hari ini peserta diharapkan  bisa menyelesaikan kurikulum program studi sesuai dengan template UNS, sekaligus bisa memperbaiki bagan kurikulum dan bisa menggambarkan siklus pembelajaran di program studi masing masing, di bagian tersebutlah yang nantinya akan dimasukan dalam Sistem Informasi Akademik  (SIAKAD) UNS”.

Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) didampingi Ketua UPK FK UNS,
Dr. Veronika Ika Budiastuti, dr.,M.Pd.

Senin (5/4/2021) Sambutan Dekan FK UNS Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) sekaligus membuka acara Workshop Pendampingan UPK untuk Perbaikan Kurikulum Prodi dan Sinkronisasi dengan SIAKAD.

 

HUMAS FK UNS: Ari Kusbiyanto