fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS: Ramadhan Berkah dan Sehat


 

(14/4/2021) Kehadiran bulan suci Ramadhan 1442 H merupakan bulan yang dinanti-nantikan oleh semua umat muslim. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan istimewa. Di bulan Ramadhan, semua amal ibadah dilipatgandakan, pintu surga terbuka lebar dan pintu neraka ditutup serta setan dibelenggu. Umat Muslim tidak ingin melewatkan kesempatan dalam meningkatkan kualitas ibadah agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Program vaksinasi Covid-19 bagi petugas medis atau pelayanan publik, Tenaga pendidik (dosen) dan golongan masyarakat lanjut usia (lansia) masih akan dilanjutkan pada bulan Ramadhan.

Nanang Wiyono, dr., M.Kes.
Kepala Laboratorium Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret sekaligus sebagai ketua Takmir di Masjid Rahmi FK UNS

Disela-sela kesibukannya mengajar, Kepala Laboratorium Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) sekaligus sebagai ketua Takmir di Masjid Rahmi FK UNS, Nanang Wiyono, dr., M.Kes., menyampaikan bahwa:

“Bulan Ramadhan merupakan kesempatan bagi umat Islam untuk meningkatkan ibadah, membersihkan hati, meningkatkan kepedulian sosial dan bermanfaat untuk Kesehatan. Tahun ini bulan Ramadhan masih dalam suasana pandemi Covid-19 namun kita tetap bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan sebaik mungkin, sebagai usaha mendekatkan diri pada Allah SWT dan memohon agar Allah mengangkat pandemi dari muka bumi.
Selama bulan Ramadhan kegiatan pencegahan dan penanganan Covid-19 tetap berlangsung sebaik mungkin sebagai usaha mengatasi pandemi seperti Swab test bagi yang memerlukan dan program vaksinasi.

Bagi umat Islam yang mendapat kesempatan vaksinasi pada bulan Ramadhan, sesuai dengan fatwa MUI no. 13 tahun 2021 bahwa pemberian vaksinasi Covid-19 yang disuntikkan secara intramuscular (suntik pada otot) tidak membatalkan puasa.

Selama bulan Ramadhan kegiatan masyarakat tetap berlangsung dengan protokol kesehatan semaksimal mungkin, termasuk kegiatan pembelajaran bagi civitas academika UNS berlangsung sebagaimana biasa dengan penyesuaian waktu yang ada.”

Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga lancar, tetap sehat dan bahagia.


HUMAS FK UNS: Ari Kusbiyanto