fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

SD Islam Terpadu Bina Anak Sholeh Klaten Kunjungan PKL ke Fakultas Kedokteran UNS secara Virtual


 

Senin (12/4/2021), Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) yang diwakili oleh dr. Stefanus Erdana Putra dan dr. Victoria Husadani Permata Sari menjadi narasumber dalam kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan) Virtual Siswa Kelas 4, 5, dan 6 SD Islam Terpadu (IT) BIAS (Bina Anak Sholeh) Klaten. Kegiatan ini diadakan sebagai bagian dari kerjasama Humas FK UNS, Prodi Kedokteran FK UNS, dan Komite Sekolah SD IT BIAS Klaten yang berlokasi di Jalan Srigading Nomor 2A Tegalyoso, Klaten.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00-10.30 WIB ini dilakukan secara daring dengan menggunakan platform Zoom Meeting. Pada kegiatan ini dr. Erdana memaparkan kepada para siswa perihal aspek profesi dokter yang mulia dan selalu siap menolong orang setiap saat dalam berbagai kesempatan. Para siswa juga diajak untuk mengembangkan sikap peduli kepada sesama, misalnya saat teman atau saudara terdekat mengalami demam. Para siswa diajarkan cara mengukur suhu tubuh dengan menggunakan termometer dan juga tindakan pertama yang dilakukan jika tetangga atau saudara terdekat mengalami demam yaitu dengan memberikan kompres. Para siswa juga langsung mempraktikan cara mengompres dengan menggunakan alat dan bahan yang telah mereka siapkan sebelumnya di rumah masing-masing. Paparan diikuti oleh para siswa dengan sangat antusias, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan sebagai tanggapan dari materi yang dipaparkan. Sesi ini ditutup dengan kuis berhadiah merchandise FK UNS sebanyak 6 soal yang dijawab dengan antusias oleh para siswa.

dr. Victoria Husadani Permata Sari menjelaskan tentang kegiatan donor darah

Sementara itu, dr. Victoria menjelaskan dan mempraktekkan perihal donor darah sebagai bagian dari upaya kemanusiaan yang dapat menolong sesama yang membutuhkan. Dalam paparannya, dr. Victoria menunjukkan secara langsung bagaimana cara mengetahui dan mendeteksi pendonor yang layak untuk mengikuti kegiatan donor darah. Dalam kesempatan ini juga dijelaskan bagaimana proses pemeriksaan dan cara mendeteksi golongan darah. Selain itu, dalam kegiatan PKL Virtual ini juga dijelaskan dan didemonstrasikan cara melakukan injeksi intramuskular dan melakukan kegiatan good clinical practice pada saat memasuki laboratorium.

 

HUMAS FK UNS: Ari Kusbiyanto