fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS: Workshop Penguatan Kapasitas Tenaga Kependidikan dalam Mendukung E-Learning HITIHE Project

 

Rabu (14/4/2021) Health Information and Technology for Improved Health Education in South-East Asia (HITIHE) Project Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) mengadakan kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas Tenaga Kependidikan dalam Mendukung E-Learning. Kegiatan workshop ini berlangsung secara hybrid dengan menggunakan kombinasi daring melalui platform Zoom Meeting dan secara luring di auditorium FK UNS. Dalam workshop ini, hadir juga beberapa anggota tim HITIHE dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FKKMK UGM), yaitu Dr. dr. Ida Safitri, Sp.A(K).; dr. Doni Widyandana, Sp.M(K)., MHPE., Ph.D.; Ibu Ratih Oktri Nanda, SKM., MPH.; dan Ibu Rini Handayani, S.E. Sementara itu, hadir juga secara daring Bapak Tri Hardian Satiawardana, S.T., anggota tim HITIHE dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UNS.

Sebagian peserta mengikuti workshop secara luring di Auditorium FK UNS

Pemaparan materi oleh Vitri Widyaningsih, dr., M.S., Ph.D

Agenda inti workshop dimulai pada pukul 13.30 WIB dengan dimoderatori oleh Bulan Kakanita Hermasari, dr., MMedEd. Pembicara pertama adalah Riah Wiratningsih, S.S., M.Si. dari UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret. Dalam sesi pertama ini, Ibu Riah memaparkan beberapa hal mulai dari cara akses e-journal, cara memahami jurnal predator dan mencegah publikasi di jurnal predator, serta cara penggunaan Turnitin dalam pencegahan plagiasi. Sesi kedua dilanjutkan dengan paparan Vitri Widyaningsih, dr., M.S., Ph.D. yang hadir secara daring. Dalam sesi ini beliau menjelaskan perihal ranking jurnal yang dapat menunjang akreditasi baik jurnal nasional maupun internasional dan penggunaan Mendeley sebagai software sitasi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab interaktif dengan kedua narasumber. Peserta yang bergabung baik secara daring maupun luring sangat antusias mengajukan pertanyaan dan bahkan mengusulkan pelatihan lanjutan untuk memahami terminologi serta bahasa dalam publikasi dan pencarian literatur dan juga simulasi langsung penggunaan Turnitin dan akses e-resources. Acara ditutup sekitar pukul 15.00 WIB dengan sesi foto bersama yang dipimpin oleh dr. Muhammad Hafizhan dan closing statement dari kedua narasumber.

 

HUMAS FK UNS: Ari Kusbiyanto