fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Workshop Program Elektif FK UNS: “Mahasiswa boleh milih mata kuliah pilihan ‘sak karepe’ di Semester VII”

 

(Rabu, 21/4/2021), Emansipasi wanita mulai ada atas sepak terjang salah satu pahlawan perempuan Indonesia, Raden Ajeng (R.A.) Kartini. Siapa yang tak kenal dengan tokoh yang begitu aktif memperjuangkan kesetaraan hak perempuan ini. Berkaca dari pengalaman hidupnya sebagai perempuan Jawa di masa itu, R.A. Kartini begitu mengidamkan persamaan derajat antara laki-laki dan perempuan. Ia tak sependapat dengan budaya turun temurun yang melazimkan seorang perempuan hanya pasif melakoni alur kehidupan. Selain itu, dirinya ingin membuktikan jika perempuan bisa menggantikan peran laki-laki. R.A. Kartini ingin menunjukkan jika perempuan tidak hanya 'konco wingking', artinya perempuan bisa berperan lebih dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama di bidang pendidikan. Perempuan juga bisa menentukan pilihan hidup tak harus atas paksaan orangtua dan perempuan juga bisa sekolah setinggi-tingginya. Perjuangan jerih payah R.A. Kartini yang menginginkan emansipasi wanita atau kesetaraan derajat wanita dengan pria yang dilakukan diwaktu itu membuahkan hasil, dilihat sampai era saat ini emansipasi sudah ada dan terbukti dipakai contoh sudah ada presiden perempuan di Indonesia,dll.

Peringatan Hari Kartini yang jatuh pada setiap tanggal 21 April, dirayakan dengan cara yang berbeda-beda oleh masyarakat Indonesia. Untuk mengenang jasa pahlawan emansipasi wanita tersebut.

Peserta Workshop Blok Peminatan (Blok Elektif) secara luring di FK UNS

Bertepatan dengan Hari Kartini, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) menggelar acara Workshop Blok Peminatan (Blok Elektif) secara daring dan luring. Acara ini secara daring diikuti oleh Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS, dan Mahasiswa Universitas lainnya di wilayah Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) wilayah 4 (Jateng-DIY-Kalimantan) yaitu: Mahasiswa UMS, UNDIP, UNISULA, UGM, UNY, UKDW, Universitas Palangkaraya, Universitas Mulawarman, dll. Blok Peminatan ini sudah di mulai setahun lalu. Di blok peminatan ini mahasiswa boleh memilih mata kuliah sesuai selera (sakkarepe) di semester VII.

Acara Workshop secara luring dilaksanakan di Auditorium FK UNS yang diikuti oleh Dekan FK UNS, Wakil Dekan, Kaprodi, dan Dosen FK UNS. Pelaksanaan Workshop Blok Peminatan (Blok Elektif) secara luring ini bertepatan dengan hari Kartini, peserta (luring) selain fokus dalam workshop tapi juga tetap ikut memperingati hari Kartini dengan cara menggunakan pakaian adat.

 

HUMAS FK UNS: Ari Kusbiyanto