fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

RGDC FK UNS: Workshop Studi Literatur dengan Analisis Bibliometrika Menggunakan Publish or Perish, Mendeley dan VOSviewer

 

(Jum’at, 23/4/2021) Research Group Disease Control (RGDC) Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) mengadakan Workshop Studi Literatur dengan Analisis Bibliometrika secara daring menggunakan platform aplikasi Zoom Meeting. Acara yang berlangsung pada pukul 07.30 WIB sampai dengan 09.30 WIB ini dihadiri oleh anggota dan asisten penelitian dari RGDC serta beberapa orang mahasiswa S2 dan S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) UNS. Acara dibuka pada pukul 07.30 WIB dengan sambutan oleh Ketua RGDC FK UNS, Prof. Ari Natalia Probandari, dr., M.P.H., Ph.D.

Acara inti dimulai pada pukul 07.45 WIB dengan paparan yang disampaikan oleh narasumber, Bapak Nugroho Wisnu Murti, M.Si., M.Ec.Dev., Akt., CA. Dalam paparannya, beliau menjelaskan manfaat analisis bibliometrika, antara lain untuk mengetahui posisi rencana riset, memperkuat tinjauan pustaka dalam penelitian, serta menjadi artikel ilmiah sendiri (misalnya untuk independent study dalam pendidikan S3). Dalam workshop ini Bapak Nugroho juga menjelaskan perihal cara penelusuran artikel dengan menggunakan software Publish or Perish 7 (POP7), cara penggunaan VOSviewer dari database Scopus, serta bisa analisis bibliometrik dan mitigasinya. Dalam dunia penelitian, VOSviewer sendiri dapat digunakan untuk analisis bibliometrik, mencari topik yang masih ada peluang diteliti, mencari referensi yang paling banyak digunakan pada bidang tertentu dan lainnya.

Setelah paparan selesai, sekitar pukul 08.45 para peserta diajak untuk melakukan simulasi langsung tentang penggunaan POP7 dan VOSviewer. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dimoderatori oleh Vitri Widyaningsih, dr., M.S., Ph.D. Banyaknya pertanyaan baik teknis maupun nonteknis yang diajukan menunjukkan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan workshop ini. Acara workshop ditutup dengan sesi foto bersama dari seluruh peserta dan narasumber pada pukul 09.30 WIB.

 

HUMAS FK UNS: Ari Kusbiyanto