fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

RG Trimed FK UNS: Pemberdayaan Remaja Masjid dalam Mencegah Penyebaran Covid-19


 

Research Group (RG) Nutrition, metabolism, and medicine (TRIMED), salah satu RG di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) yang fokus pada kajian bidang gizi, penyakit metabolik dan obat, pada Minggu (13/6/2021) mengadakan kegiatan pengabdian pada masyarakat berlokasi di Masjid As Syakur di daerah Jungkang, Buran, Tasikmadu, Karanganyar.   Masjid ini merupakan salah satu masjid di bawah binaan Yayasan Usaha Umat Karanganyar (YUUK) sebagai mitra kegiatan.  Acara berlangsung dari jam 19.30-21.15 WIB, dihadiri oleh 45 remaja masjid yang menjadi sasaran kegiatan, para pengurus YUUK dan 10 orang anggota TRIMED. Dalam sambutannya, Ketua YUUK, Dr. Drs. Siswanto, MSi, menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan, dan memberi kesempatan jika akan dilakukan kegiatan serupa di kesempatan lainnya sebagai mitra tetap.

RG TRIMED memilih sasaran remaja dengan harapan dapat menjadi agen penggerak atau kader dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.  Acara diberikan dalam 3 materi yakni:
1)    Nutrisi untuk mencegah Covid-19 oleh Amalina Shabrina, S.Gz., M.Sc.
2)    Penerapan PHBS di rumah dan di tempat umum oleh Drs. Widardo, M.Sc.
3)    Paparan dan demo pembuatan herbal sederhana oleh Joko Sudarsono, S.Farm., MPH., Apt

Inti dari paparan dan demo yang diberikan adalah perlunya menjaga asupan makanan bergizi; menjaga pola hidup bersih dan sehat di manapun serta pemanfaatan herbal yang tersedia di sekitar rumah kita sebagai ikhtiar untuk meningkatkan imunitas dalam rangka mencegah sebaran Covid-19. Setelah paparan materi, peserta diberikan kesempatan tanya jawab dan juga mencicipi produk herbal sederhana yang telah didemonstrasikan cara pembuatannya.  
Acara ditutup pada pukul 21.15 WIB oleh Dr. Budiyanti Wiboworini, dr., MKes., SpGK selaku Ketua RG TRIMED FK UNS yang menitipkan harapan pada para remaja masjid yang hadir agar dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh di lingkungan keluarga masing-masing.

Demontrasi pembuatan herbal sederhana oleh Joko Sudarsono, S.Farm., MPH.Apt

Pemaparan materi Gizi untuk pencegahan Covid19 oleh Amalina Shabrina, S.Gz., M.Sc.

Pemaparan materi PHBS oleh Drs. Widardo., M.Sc.

 

Humas FK UNS: Ari Kusbiyanto