fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Sambut Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia: “Fakultas Kedokteran UNS Cinta Tanah Air Indonesia”


 

FK UNS (05/08/2021) Pemasangan bendera Merah Putih dan umbul-umbul menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia lazim dilakukan di berbagai tempat. Apalagi saat menjelang 17 Agustus, banyak warga masyarakat, instansi, perkantoran, sekolahan, kampus, tempat ibadah, terminal, dan lain-lain yang memasang umbul-umbul Agustus-an di sepanjang jalan.

Kementerian Sekretaris Negara Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran dengan nomor B - 462 / M/S/TU.00.04/06/2021, yang berisikan tentang menyemarakan peringatan HUT Republik Indonesia ke-76 tahun. Dalam surat edaran tersebut tertulis, mulai tanggal 1 Agustus 2021, masyarakat diminta untuk mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak di lingkungan masing-masing, hingga sampai tanggal 31 Agustus 2021.

Rupanya pemasangan bendera Merah Putih dan umbul-umbul Agustus-an ini bukan hanya bertujuan untuk menyemarakkan HUT RI yang tahun ini berusia 76 tahun, namun ada makna tersendiri yang layak untuk direnungkan.

Makna pemasangan bendera merah putih dan umbul-umbul merupakan salah satu upaya sebagai bentuk untuk membangkitkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia. Pemasangan bendera merah putih dan umbul-umbul Agustus-an juga ditujukan untuk menggugah dan menanamkan rasa nasionalisme terhadap NKRI yang telah merdeka selama 76 tahun.

Sebagai bentuk rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-76, walau dimasa pandemi saat ini kampus sepi dari mahasiswa, dosen, dan karyawan tetapi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) tetap menyemarakan kemeriahan menyambut hari kemerdekaan republik Indonesia dengan memasang bendera merah putih di halaman kampus dan memasang bendera umbul umbul disepanjang jalan lingkup FK UNS.

 

HUMAS FK UNS : Ari Kusbiyanto