fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Apel Pagi Pegawai UNS: Dekan FK UNS Soroti Pentingnya Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan


 

Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai salah satu perguruan tinggi dengan kebijakan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka dan sebagai kampus yang berkonsep sebagai Kampus Benteng Pancasila mempunyai tugas untuk berperan dalam membentuk karakter bangsa pada mahasiswa.

"Kedua konsep ini tidak bisa kita tinggalkan dalam melaksanakan proses pembelajaran di UNS kampus yang kita cintai ini. Upaya penguatan karakter bangsa Indonesia kepada mahasiswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan program Kampus Merdeka Belajar. Kita bisa menanamkan nilai nilai kebangsaan yang bersumber dari empat pilar kebangsaan Indonesia yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika pada setiap situasi dan kondisi. UNS sebagai kampus Benteng Pancasila harus selalu didepan dalam membangun karakter mahasiswa yang sesuai dengan nilai nilai kebangsaan," jelas Dekan Fakultas Kedokteran (FK), Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) dalam Apel Pagi yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan UNS, Senin 6 September 2021 secara daring.

Selanjutnya dikatakan bahwa sivitas akademika UNS harus bisa berperan aktif dalam memberi solusi bagi permasalahan bangsa. Sebagai contoh dalam menghadapi pandemic Covid-19. Kita harus mampu mengimplementasikan nilai nilai kebangsaan seperti nilai-nilai kepedulian, solidaritas, gotong royong dan toleransi. Nilai-nilai itu dapat kita terapkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, misalnya membantu mendampingi pasien Covid yang isolasi mandiri, berperan aktif dalam vaksinasi, ikut dalam kegiatan donor darah serta turut aktif dalam mensosialisasikan pencegahan penularan.

Contoh lain dalam menerapkan nilai-nilai kebangsaan adalah menghadapi pengaruh dari luar negeri, dinamika yang terjadi di negara lain tentang berkembangnya suatu ideologi jika tidak hati-hati akan berdampak ke Negara Indonesia. Dengan derasnya arus informasi yang sulit dibendung jika tanpa filter yang baik maka akan berimbas pada mahasiswa atau sivitas akademika UNS yang lain.  Kita bisa menanamkan nilai-nilai kebangsaan seperti rasa cinta tanah air, kesadaran dalam berbangsa dan bernegara Indonesia dan meyakini dalam diri masing-masing bahwa Pancasila adalah ideologi yang paling cocok untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Apel pagi pegawai rutin diselenggarakan UNS setiap hari Senin dan penanggungjawabnya bergantian secara bergilir di 16 Unit Kerja yang ada di UNS. Pada kesempatan kali ini Fakultas Kedokteran bertanggung jawab penuh dalam pelaksanaannya.

Petugas dari Fakultas Kedokteran pada apel pagi kali ini adalah Dekan Fakultas Kedokteran, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) sebagai pembina upacara; Sebagai Pemimpin Upacara adalah R. Prihandjojo Andri Putranto, dr., M.Si; Pembacaan Naskah Pancasila oleh Ketua Senat Akademik Fakultas Kedokteran, Prof. Dr. Soetrisno, dr., Sp.OG(K); Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 oleh Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan, Paramasari Dirgahayu, dr., Ph.D; Pembacaan Panca Prasetya Korps Pegawai RI oleh Wakil Dekan Sumber Daya Manusia dan Logistik, Dr. Diah Kurnia Mirawati, dr., Sp.S; Doa oleh Koordinator Tata Usaha Fakultas Kedokteran, Usman Sudarmaji, S.E., M.Acc, serta pemandu acara oleh Tenaga Kependidikan Fakultas Kedokteran, Martlina Herawati.

 

Humas FK UNS: Muh. Abu Dawud