fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Jadi Tuan Rumah Pertama Penyelenggaraan Donor Darah Rutin dan Skrining Penyintas Covid-19 di Lingkungan UNS


 

Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) Surakarta menggelar acara donor darah dan skrining penyintas Covid-19 bertempat di Auditorium Fakultas Kedokteran, Rabu (8/9/2021).  Pada kesempatan ini Fakultas Kedokteran UNS bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNS, Keluarga Alumni Fakultas Kedokteran (KA FK) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Surakarta.

“Kegiatan ini adalah periode pertama dari rangkaian donor darah yang akan dilakukan setiap bulan, inshaaAllah setiap tanggal 11 untuk memperingati tanggal 11 Maret dan akan dilaksanakan oleh setiap fakultas di lingkungan UNS secara bergiliran” kata Ketua DWP UNS, Budhi Widjayanti Jamal Wiwoho, S.E.


Dalam sambutannya, Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini bukan merupakan hal yang asing bagi UNS apalagi Fakultas Kedokteran karena donor darah bisa dilakukan oleh fakultas mana saja. Kegiatan donor darah ini ada nilai-nilai kebangsaan, seperti kepedulian, solidaritas, toleransi, nilai-nilai religius dan nilai-nilai kemanusiaan.

Sedangkan Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S. dalam sambutannya berharap jika acara donor darah ini nantinya bisa diintegrasikan dengan KSR (Korps Sukarela) Mahasiswa UNS sehingga bisa mendukung program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) karena sifatnya adalah aktivitas kemanusiaan.

Kegiatan donor darah dan skrining penyintas Covid-19 yang dihadiri oleh Pimpinan Fakultas di lingkungan UNS ini sempat ditinjau oleh Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka setelah kegiatan sidak Perkuliahan Tatap Muka (PTM) di Fakultas Kedokteran. Gibran berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara rutin dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

 

HUMAS FK UNS: Muh. Abu Dawud