fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Walikota Surakarta dan Rektor UNS Tinjau Pelaksanaan PTM di FK UNS

 

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah memulai Perkuliahan Tatap Muka (PTM) pada hari Senin (6/9/2021). PTM pada hari pertama dilaksanakan di empat Fakultas yaitu Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Keolahragaan (FKOR).

Pada hari ketiga pelaksanaan PTM, Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, meninjau langsung kegiatan Perkuliahan Tatap Muka yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran. Dalam kunjungannya, Gibran didampingi oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum serta Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K).

Pada kesempatan ini Walikota Surakarta tersebut memuji penerapan protokol kesehatan yang sudah sangat ketat diterapkan di lingkungan UNS, Gibran juga melihat antusiasme dan semangat yang sangat tinggi dari mahasiswa UNS baik yang mengikuti perkuliahan secara langsung di kampus atau pun yang melalui media online. Gibran menyarankan bagi mahasiswa dari luar daerah yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama agar mengejar untuk mendapatkan vaksin dosis kedua sebelum nantinya kembali ke Kota Solo untuk mengikuti perkuliahan.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menjelaskan, peserta PTM harus sudah mendapatkan vaksinasi minimal satu dosis, berasal dari wilayah Solo Raya, mendapatkan izin dari orangtua mahasiswa dan tidak memiliki komorbid atau penyakit bawaan. Adapun untuk kapasitas PTM adalah 30 persen dari daya tampung normal.

Wakil Dekan Akademik, Riset dan Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran, Paramasari Dirgahayu, dr., Ph.D menjelaskan bahwa sebelum diadakan PTM, orangtua mahasiswa sudah diberikan informasi dan form persetujuan. Bagi yang mengijinkan anaknya mengikuti PTM maka diharuskan untuk mengisi Google Form dan mengisi surat persetujuan yang dibubuhi tanda tangan diatas materai.

Lebih lanjut dijelaskan dr Paramasari bahwa Perkuliahan Tatap Muka yang diadakan di Fakultas Kedokteran masih bersifat hybrid, jadi bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah bisa tetap mengikuti perkuliahan melalui daring aplikasi zoom. Selama mengikuti perkuliahan maka setiap mahasiswa diwajibkan untuk tetap menaati protokol kesehatan, mengukur suhu badan sebelum masuk kelas, mencuci tangan, mengenakan masker selama proses pembelajaran dan menjaga jarak.

Kegiatan Perkuliahan Tatap Muka ini dilaksanakan berdasar pada Surat Edaran (SE) Nomor 87/UN27/PK.01.03/2021 tentang Perkuliahan Tatap Muka Mahasiswa Program Sarjana dan Diploma Universitas Sebelas Maret yang telah diterbitkan pada Kamis (2/9/2021) oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus. M.S. Selain itu dilaksanakannya PTM ini juga telah mendapatkan izin dari Walikota Surakarta.


Muh. Abu Dawud – Humas FK UNS