fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Mahasiswa FK UNS Raih Medali Perunggu pada KN-MIPA 2021


 

Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN-MIPA) adalah kompetisi tingkat nasional yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Kompetisi yang sudah ada sejak tahun 2009 ini memperlombakan empat bidang yaitu Fisika, Biologi, Kimia, dan Matematika.

Pada kompetisi tahun ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih 2 medali perunggu melalui Daniel Sugihantoro dari Fakultas Teknik (FT) dan Achmad Nurul Yaqin dari Fakultas Kedokteran (FK). Kompetisi yang melalui tiga tahap seleksi meliputi seleksi tingkat universitas, seleksi tingkat wilayah dan seleksi tingkat nasional ini diikuti oleh sekitar 3800 peserta.

Achmad Nurul Yaqin, peraih medali perunggu bidang Kimia dari Fakultas Kedokteran UNS, bahkan tidak menyangka masih bisa meraih medali perunggu bidang Kimia pada kompetisi ini.

“Seleksi tahun ini jujur banget lebih susah daripada tahun lalu, terus waduh kok gini banget soalnya, kompetitornya sudah ganti gak kayak tahun lalu. Orangnya keren-keren. Masih bisa nggak yo, apalagi ini kan lintas bidang, lintas jurusan. Terus ternyata masih dapat medali perunggu itu MasyaAllah seneng banget” jelas Yaqin pada Rabu (15/09/2021).

Peraih medali perak pada tahun lalu dalam kompetisi yang sama ini mengatakan jika kedepan dia akan lebih memilih untuk regenerasi dan ikut menyiapkan adik-adik tingkatnya mengikuti kompetisi ini. Hal ini dikarenakan dia akan lebih fokus ke perkuliahannya yang memasuki semester akhir.

“Untuk teman-teman jangan takut untuk mencoba, jangan takut untuk berprestasi dan berkarya bahkan sampai lintas bidang karena kita gak tahu di mana kita dapat berkarya, di mana kita dapat berjaya” kata Yaqin.

Pada kesempatan ini, Yaqin juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Rektor UNS beserta jajaran, Dekan Fakultas Kedokteran UNS beserta jajaran, dosen pembimbing, orang tua, dan teman-temannya yang selama ini mendukung dia dalam mengikuti kompetisi ini.

“Diharapkan UNS ini tetap berprestasi khususnya dalam KN-MIPA ini” pungkas Yaqin.

 

HUMAS FK UNS: Muh. Abu Dawud