fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Fakultas Kedokteran UNS Melantik dan Mengambil Sumpah 82 Dokter Baru


 

Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) kembali menggelar acara Pelantikan dan Sumpah Dokter pada Rabu (13/10/2021). Pelantikan dan Sumpah Dokter ini merupakan periode 217 yang digelar Fakultas Kedokteran UNS sejak berdiri pada tahun 1976.

Dikarenakan masih dalam kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan Pelantikan dan Sumpah Dokter dilakukan secara hybrid (daring dan luring). Dari 82 peserta yang mengikuti acara ini, 72 orang mengikuti secara daring melalui aplikasi Zoom dan 10 orang peserta mengikuti secara luring di Auditorium Fakultas kedokteran UNS.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K), mengatakan jika Pelantikan dan Sumpah Dokter ini merupakan langkah awal bagi para dokter baru.

“Ini adalah tangga pertama anda untuk melangkah, masih banyak tangga lain yang harus ditapaki dinaiki untuk karir anda sekalian. Bisa menjadi dosen, bisa menjadi profesional, menjadi dokter yang konsenterasi di keahlian klinisnya atau sub spesialisnya, yang terpenting adalah bisa berguna bagi masyarakat” kata Prof Reviono.

Lebih lanjut Prof. Reviono mengatakan jika dokter baru yang diambil sumpahnya ini merupakan etalase dari Universitas Sebelas Maret (UNS), sehingga apa yang dikerjakan maka nama UNS juga akan dinilai, jika bisa bekerja dengan baik maka nama UNS akan ikut menjadi baik, namun sebaliknya jika tidak bisa bekerja dengan baik maka nama UNS juga akan menjadi tidak baik.

Pada Pelantikan dan Sumpah Dokter kali ini, terdapat 7 peserta dengan predikat Cumlaude dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Adilla Shafryantyo Purnomo dengan IPK 3.79. Dengan dilantiknya dokter periode ke 217 pada hari ini, maka sejak berdirinya tahun 1976 Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, telah meluluskan 6.641 (Enam Ribu Enam Ratus Empat Puluh Satu) orang dokter, yang sudah tersebar di seluruh tanah air dan telah mengabdikan ilmunya pada berbagai instansi baik dibidang pelayanan kesehatan, pendidikan, penelitian, serta sebagai dokter pemerintah, swasta, TNI/POLRI maupun lainnya.

 

Humas FK UNS : Muh. Abu Dawud