fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS International Lecture (Online Learning): Kondisi Pandemi Covid-19 dari Perspektif Laboratorium


 

Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis (PDS) Patologi Klinik (PatKlin) Cabang Surakarta mengadakan International Lecture pada 18/11/2021 secara daring. International Lecture ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi pandemi Covid-19 dari perspektif laboratorium. Acara International Lecture dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) dan dimoderatori oleh Prof. Dr. J.B. Suparyatmo, dr., Sp.PK(K).

Dalam acara ini, Fakultas Kedokteran UNS mengundang dua orang pembicara.  Pembicara pertama adalah Panatpong Hutacharoen, Ph.D  yang memberikan materi mengenai How Laboratory Contribute in Coping with Covid-19 Pandemic. Beliau berbicara tentang beban kerja laboratorium yang meningkat selama pandemi Covid-19 dan pentingnya otomatisasi pemeriksaan laboratorium untuk mengatasi beban kerja laboratorium tersebut.

Pembicara kedua adalah dr. Tonang Dwi Ardyanto, Sp.PK(K), PhD, FISQua dan beliau berbicara tentang How Indonesia Coping with Covid-19 Pandemic from Laboratory Perspective. Dalam materinya, dr. Tonang menjelaskan mengenai peran laboratorium dalam membantu penegakan diagnosis dan monitoring kondisi Covid-19 di Indonesia, yaitu progres uji molekuler dan kecakapan personil laboratorium meningkat secara cepat di masa pandemi Covid-19 ini.

 

HUMAS FK UNS: Ari Kusbiyanto