fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Sosialisasi Tata Naskah Dinas di Lingkungan Fakultas Kedokteran UNS


 

FK UNS – Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) mengadakan Sosialisasi Tata Naskah Dinas bagi tenaga kependidikan yang berlangsung di Hotel Solia Jl. Yosodipuro Timuran Surakarta, Rabu (17/11/2021). Dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 80 orang.

Acara sosialisasi ini dibuka oleh sambutan dari Wakil Dekan  Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Logistik FK UNS, Dr. Diah Kurnia Mirawati, dr., Sp.S(K), dalam sambutannya disampaikan bahwa: “dalam perkantoran kita pasti membuat surat atau persuratan, untuk itu sosialisasi ini diharapkan tenaga kependidikan FK UNS bisa membuat surat dengan baik, sopan, dan mengikuti kaidah-kaidah yang ditentukan."

Pemaparan materi sosialisasi naskah dinas ini disampaikan oleh Koordinator Bagian Tata Usaha FK, Usman Sudarmaji, S.E., M.Acc., sekaligus Moderator di acara ini. Materi sosialisasi yang mencakup tentang Aspek Bahasa Indonesia dalam Tata Naskah Dinas yaitu mengenai Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas dan bagaimana menyusun wacana korespondensi yang baik seperti bagaimana memenuhi kelengkapan sistematik bagian surat, kapan perlu menggunakan bentuk perujukan yang tepat, menggunakan bahasa yang baku, lugas, jelas, dan bisa menyampaikan atau mengemukakan maksud dan tujuan yang jelas. Tata naskah dinas adalah pengaturan tentang jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengabsahan, distribusi, dan media yang digunakan dalam komunikasi kedinasan. Pedoman implementasi Tata Naskah Dinas UNS disusun agar tercipta acuan dalam menyusun, mengelola, dan mengendalikan naskah dinas sebagai bentuk komunikasi resmi dan tertulis dan wajib diimplementasikan pada setiap unit kerja di lingkungan Universitas Sebelas Maret. Selain aspek Bahasa Indonesia juga mengenai perbedaan antara surat dinas dan nota dinas.

Dengan adanya sosialisasi naskah dinas ini, diharapkan para tenaga kependidikan mengerti dan memahami bagaimana menyusun persuratan tata naskah dinas dengan baik dan benar.

 

HUMAS FK UNS: Ari Kusbiyanto