fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Selamat Datang Para Asesor LAM PTKES - Visitasi Akreditasi Program Studi Kedokteran FK UNS 2021


 

 

Akreditasi adalah tuntutan wajib dari pemerintah kepada perguruan tinggi. Seperti yang diatur dari UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 61. Akreditasi merupakan upaya pemerintah menjamin mutu suatu lembaga pendidikan oleh lembaga yang independen. Angka akreditasi jadi bukti bahwa kegiatan pendidikan dan pengajaran sudah sesuai dengan standar jaminan mutu.

Hasil akreditasi akan mengklasifikasi program studi atau perguruan tinggi kedalam nilai C, B, atau A. Nilai ini jadi asset penting dalam penetapan posisi mutu perguruan tinggi atau program studi. Selain itu nilai akreditasi bisa jadi tolak ukur kelayakan lulusan yang dihasilkan.

Sebelum penilaian akreditasi, kampus perlu mengisi borang yang disediakan oleh BAN-PT yang bertugas memberikan penilaian. Pengisian borang ini ditujukan untuk mengetahui gambaran riil mengenai keadaan dan kinerja dari perguruan tinggi. Penilaian akan mengacu pada beberapa standar instrumen akreditasi BAN PT.

Administrasi berupa dokumen dan arsip jadi kunci dalam pengajuan akreditasi. Berfungsi sebagai alat pembuktian saat proses evaluasi dan penilaian.

Akreditasi akan mencerminkan suatu perguruan tinggi atau program studi. Sajian data-data dan informasi pada borang akreditasi nantinya akan menentukan assesor dalam pemberian nilai. Agar tidak terjadi kesalahan pengisian borang akreditasi, diperlukan tim kerja penyusun borang akreditasi yang berkompeten. Maksud dari berkompeten di sini adalah setiap anggota tim kerja harus memiliki sekurang-kurangnya tiga aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan.

Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS): Kunjungan atau Visitasi para Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (Lam PTKes) dalam acara Akreditasi Prodi Kedokteran Fakultas Kedokteran UNS mulai tanggal 23 sampai dengan 25 November 2021. Para Asesor yaitu: Prof. Dr. dr. Dedi Afandi, D.F.M., Sp.F.M.(K); dr.Wawaimuli Arozal, M.Biomed, Pharm D;  dan Dr.dr. Bagus Komang Satriyasa,M.Repro.

Kunjungan pertama diawali dengan pertemuan para Asesor Lam PTKes dengan Rektor UNS: Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. beserta Dekan FK UNS: Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) di Rektorat UNS. Selanjutnya para Asesor berkunjung ke Rumah Sakit Dr. Moerwardi (RSDM), Griya Bahagia PMI, Puskesmas Purwodiningratan, RS UNS, Tour ke Laboratorium FK UNS, Konfirmasi pertemuan di Auditorium FK UNS, dan terakhir Penutupan.
 

HUMAS FK UNS: Ari Kusbiyanto