fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) Lantik dan Ambil Sumpah 32 Dokter Baru

 

Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) kembali menggelar acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter pada Rabu (12/01/2022). Pelantikan dan Sumpah Dokter ini merupakan periode ke-218 yang digelar Fakultas Kedokteran UNS sejak berdiri pada tahun 1976. Sebanyak 32 peserta mengikuti acara ini yang terdiri dari 16 peserta laki-laki dan 16 peserta perempuan.

Peserta dalam kegiatan ini adalah mereka yang telah dinyatakan lulus Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang telah dilaksanakan pada tanggal 13 November 2021. UKMPPD ini dikuti oleh 36 peserta dengan jumlah peserta lulus sebanyak 32 orang (88,89%) sedangkan tingkat kelulusan first taker sebanyak 29 orang (93,55%) dari 31 orang peserta.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta, Dr. Cahyono Hadi, dr., Sp.OG (K), dalam kesempatan ini berpesan kepada para dokter baru yang telah diambil sumpahnya untuk tidak hanya berhenti sebagai dokter, tetapi terus mengembangkan diri baik di bidang struktural ataupun di bidang kependidikan yang terpenting semua dilakukan dalam koridor-koridor yang telah disumpahkan tadi.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K), mengatakan:

“Yang juga saya pesankan juga seperti yang dipesankan Bapak Direktur dan dari keluarga alumni dan wakil dari dokter lulusan baru, bahwa memang benar pada era saat ini untuk menjadi dokter tantangannya berbeda, tantangannya lebih kompetitif dan anda semua harus mempunyai kompetensi diatas dari rekan-rekan anda yang lain”.

Pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter kali ini, terdapat 1 peserta dengan predikat Cumlaude dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Ratna Kartika Kinasih (NIM.G991908017) dengan masa studi 2 tahun 4 bulan dan IPK 3.77. Dengan dilantiknya dokter periode ke-218 pada hari ini, maka sejak berdirinya tahun 1976 Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret telah meluluskan 6.673 (Enam Ribu Enam Ratus Tujuh Puluh Tiga) orang dokter, yang sudah tersebar di seluruh tanah air dan telah mengabdikan ilmunya pada berbagai instansi baik dibidang pelayanan kesehatan, pendidikan, penelitian, serta sebagai dokter pemerintah, swasta, TNI/POLRI maupun lainnya. HUMAS FK UNS.

 

Reporter    : Muh. Abu Dawud
Editor         : Ari Kusbiyanto
                     Wartini