fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Selamat dan Sukses atas Pembukaan Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret


 

Program Studi (Prodi) Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) telah resmi berubah menjadi Fakultas Psikologi sesuai dengan Surat keputusan (SK) Rektor UNS nomor 319/UN27/HK/2022 tertanggal 11 Maret 2022. Berubahnya Program Studi Psikologi menjadi Fakultas Psikologi adalah suatu bentuk flesibilitas dari UNS yang telah menyandang status sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) dalam hal otonomi pendidikan.

Seperti yang disampaikan oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum, dalam acara Wedangan Ikatan Keluarga Almuni (IKA) UNS yang berlangsung secara online pada hari Rabu (6/4/2022) jika dengan berubahnya status UNS menjadi PTNBH maka UNS mempunyai banyak fleksibilitas dalam pengelolaannya, salah satu bentuk fleksibilitas PTNBH adalah adanya otonomi pengelolaan semisal otonomi pendidikan, otonomi pengeloaan SDM, otonomi pengelolaan keuangan dan lain-lain yang memungkinkan mempercepat laju perkembangan dari UNS.

“Salah satu manfaat dari PTNBH adalah otonomi pendidikan. Dengan otonomi pendidikan itulah maka kita dapat mempercepat misalnya saja membuka menutup prodi, misalnya saja. Dan dengan PTNBH termasuk didalamnya adalah membuka fakultas baru” kata Prof Jamal.

Lebih lanjut Prof Jamal menjelaskan jika pertimbangan untuk meningkatkan status Prodi Psikologi menjadi Fakultas Psikologi salah satunya adalah banyaknya animo peminat dari Prodi Psikologi. Selain itu kualitas Prodi Psikologi dianggap sudah cukup untuk naik tingkatan menjadi sebuah fakultas baik dari segi akreditasi, kurikulum maupun sumber daya manusianya.

Dekan Fakultas Kedokteran, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K), dalam acara ini menyampaikan jika Prodi Psikologi yang sekarang telah menjadi Fakultas Psikologi dirasa tak akan membutuhkan waktu yang lama untuk penyesuaian diri dalam perubahan status dari program studi menjadi fakultas. Hal ini dikarenakan Prodi Psikologi memang sudah lama mandiri dalam pengelolaannya walaupun selama ini dibawah Fakultas Kedokteran dan sejak pendirian hingga berjalannya Program Studi selalu menempati tempat yang terpisah dari Fakultas Kedokteran dan staf dosen maupun tenaga pendidikannya tidak pernah berubah.

Prof Reviono dalam kesempatan ini berharap jika dengan sumber daya dosen dan tenaga kependidikan yang masih berusia relatif muda bisa membawa Fakultas Psikologi menjadi semakin berkembang dengan pemikiran-pemikiran yang segar dan berwawasan kedepan.

 

Reporter    : Muh. Abu Dawud
Editor         : Ari Kusbiyanto
                      Wartini