fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Melepas 23 Dokter Spesialis Baru pada Acara Pelepasan PPDS Periode April 2022


 

Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) melalui Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) pada hari Jumat (22/04/2022), mengadakan acara Pelepasan Dokter Spesialis Periode April 2022. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Ir. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T., ,Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K), para wakil dekan, Direktur Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta, Dr. Cahyono Hadi, dr., Sp.OG(K)., S.H serta segenap Kepala Program Studi PPDS FK UNS.

Acara pelepasan ini diikuti oleh 23 orang peserta didik PPDS FK UNS yang berasal dari 7 Program Studi (Prodi). 4 orang diantara peserta tersebut adalah penerima Beasiswa Tugas Belajar Kementerian Kesehatan. Dalam pelepasan kali ini terdapat peserta dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yang diraih oleh Septina Hestiningrum,Sp.P.D (NIM S961802010) dengan IPK 3.88 yang berasal dari Program Studi Ilmu Penyakit Dalam. Sedangkan lulusan dokter spesialis termuda adalah Frieda, dr., Sp.D.V dari Prodi Dermatologi dan Venereologi dengan usia saat lulus 30 tahun 9 bulan.

Prof. Kuncoro dalam sambutannya mengingatkan agar para dokter spesialis baru tidak berhenti untuk belajar serta meningkatkan pengetahuannya.

“Saya percaya di pundak sejawat para dokter spesialis yang hari ini dikukuhkan, ada beban tanggung jawab yang tidak ringan dalam merealisasikan sumpah dokternya. Tetapi saudaraku tidak perlu khawatir. Dengan kemampuan penguasaan ilmu kedokteran dan ketrampilan medis yang telah saudara miliki dan kuasai, saya yakin saudara mampu meraih sukses dan menjaga marwah profesi kedokteran”, ucap Prof. Kuncoro.

Pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) FK UNS, dr. Edi Santoso Suryawan, Sp.B., FINACS.  dalam sambutannya berpesan agar para dokter spesialis baru saat berkiprah di masyarakat tetap mengedepankan etika profesi yang baik karena setiap geraknya akan membawa nama baik almamater maupun perhimpunan.

“Untuk itu kami mohon sekali, berpesan agar betul-betul dalam pelaksanaan itu kewajiban anda menjalankan profesi selalu ingat bahwa kita itu selalu diawasi oleh Yang Maha Pencipta, sekecil apapun yang anda lakukan itu semua pasti akan tercatat dan akan membawa akibat atau manfaatnya” pesan dr. Edi.

Direktur Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta, Dr. Cahyono hadi, dr., Sp.OG dalam kesempatan ini berharap bekal ilmu yang telah diberikan oleh para dosen baik di Rumah Sakit Dr. Moewardi maupun di Rumah Sakit jejaring bisa diterapkan di dalam masyarakat.

Dekan FK UNS Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para dokter spesialis baru seraya menyampaikan jika didepan masih banyak peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para dokter spesialis baru ini.

“Saya ucapkan selamat kepada anda semua yang telah menyelesaikan satu tahap yang mungkin sudah anda rencanakan anda cita-citakan sebagai dokter spesialis. Tapi tahapan ini bisa saja berlanjut atau bisa saja berhenti disini. Bisa saja berlanjut sebagai sub spesialis atau mungkin anda berkarir di tempat lain, ada di manajemen mungkin atau di posisi-posisi public lainnya atau mungkin juga ke S-3. Itu semuanyaadalah peluang-peluang yang ada di depan” ujar Prof. Reviono.

Lebih lanjut Prof Reviono berpesan agar para dokter spesialis setelah menjadi alumni dan berkiprah di masyarakat untuk selalu menjaga integritas, profesionalitas, dan jejaring yang baik.

Dengan pelepasan dokter spesialis periode April tahun 2022 ini maka Fakultas Kedokteran UNS sejak berdirinya tahun 1976, telah meluluskan 1502 (Seribu lima ratus dua) orang dokter spesialis, yang sudah tersebar di seluruh tanah air dan telah mengabdikan ilmunya pada berbagai instansi baik dibidang pelayanan kesehatan, pendidikan, penelitian, serta sebagai dokter spesialis pemerintah, swasta, TNI/POLRI maupun lainnya.

Video lengkap acara Pelepasan PPDS Periode April 2022 ini dapat diakses pada link berikut:

https://youtu.be/N810TZdzcBY

 

 

Reporter    : Muh. Abu Dawud
Editor         : Ari Kusbiyanto
                      Wartini