fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Selenggarakan Acara Nuzulul Quran Bertema: ‘Peranan Perempuan Menurut Al-Quran’


 

Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) pada hari Kamis (21/4/2002) mengadakan acara Nuzulul Quran yang jatuh pada 17 Ramadhan 1443H. Acara yang mengambil tema ‘Peranan Perempuan Menurut Al Quran’ ini sekaligus sebagai apresiasi pada perempuan dalam menyambut Hari Kartini.

Acara yang berlangsung di Gedung Tower Ki Hadjar Dewantara UNS ini berlangsung secara hybrid dengan peserta luring sebanyak 50 peserta dan peserta yang mengikuti melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting sebanyak 40an peserta.

Acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Difla Tanggun Salsabila mahasiswi Fakultas Kedokteran angkatan 2020 dan diartikan oleh Annisa Nurul Azizah mahasiswi Fakultas Psikologi angkatan 2021.

Dalam kesempatan ini, Dekan Fakultas Kedokteran UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) mengatakan jika di Fakultas Kedokteran selain bekerja juga memberikan kesempatan untuk bisa beribadah dan mencari ilmu.

“Di Fakultas kedokteran ini, kami selain bekerja sebagai akademisi juga berusaha untuk memberikan kesempatan untuk bisa rutin beribadah dan juga tholabul ilmi. Jadi pada kesempatan kali ini saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang cukup singkat dapat menyiapkan acara ini” ucap Prof. Reviono.

Acara ini diisi dengan tausyiah oleh Dr. H. Abdul Matin Bin Salman, L.C., M.Ag dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Beliau menyampaikan jika manusia itu diciptakan oleh Allah hanya dengan dua jenis kelamin yaitu perempuan dan laki-laki.

“Allah menciptakan manusia itu hanya dengan dua jenis kelamin yaitu perempuan dan laki-laki terlepas dari karakteristik umum yang dimiliki oleh makhluk utamanya adalah manusia perempuan dan laki-laki, keduanya memiliki perbedaan secara psikologis, secara biologis. Tidak ada persamaan mutlak antara perempuan dan laki-laki, di dalam Islam tidak ada persamaan antara laki-laki dengan perempuan” ucap Dr. Abdul Matin.

Lebih lanjut beliau menyampaikan jika ada beberapa hal yang boleh dilakukan perempuan namun tidak boleh dilakukan laki-laki begitu pula sebaliknya. Tidak ada musawah atau kesetaraan, persamaan secara mutlak.

“Persamaan mutlak tidak ada diantara perempuan dan laki-laki, yang ada adalah persamaan dalam bagian-bagian tertentu yang persamaan-persamaan itu menjurus pada keadilan” ujar Dr. Abdul Matin.

Menurut beliau, keduanya memiliki perbedaan namun tak seharusnya membuat perdebatan diantaranya karena selain secara social, selain secara kemanusiaan, telah ada pertimbangan hukum secara syariah yang sudah ditentukan oleh Allah.

“Al Quran datang disaat manusia mengingkari kemanusiaan wanita, tapi islam dan Al Quran memberikan keadlian yang sama bagi wanita, mengakui kemanusiaannya menganggap sebagai makhluk yang bukan hanya untuk melayani namun sebagai sharika atau partner, teman” jelas Dr. Abdul Matin.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan buka bersama serta sholat Maghrib berjamaah.

Video lengkap acara Nuzulul Quran ini dapat diakses pada link berikut:

https://youtu.be/iYKooJlA3kc

 

 

Reporter    : Muh. Abu Dawud
Editor         : Ari Kusbiyanto
                      Wartini