fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Persiapan Menghadapi Akreditasi Laboratorium, FK UNS Adakan Rapat Tinjauan Manajemen Laboratorium Kedokteran


 

Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) pada hari Rabu (27/4/2022) mengadakan acara Rapat Tinjauan Manajemen Laboratorium Kedokteran Terpadu. Kegiatan ini adalah rangkaian dari kegiatan Audit Mutu Internal Laboratorium Kedokteran terpadu yang telah terlaksana pada tanggal 9-11 Maret 2022.
Kegiatan yang diadakan sebagai persiapan menghadapi akreditasi laboratorium ini dihadiri oleh Dekan FK UNS Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K), Wakil Dekan I, Paramasari Dirgahayu, dr., Ph.D., Wakil Dekan III, Dr. Selfi Handayani, dr., M.Kes., dosen dan penanggung jawab laboratorium serta tenaga laboran dari beberapa laboratorium yang terkait.

Dalam sambutannya Prof. Reviono mengatakan jika laboratorium FK UNS ingin dianggap bermutu maka harus dilakukan evaluasi dan tidak hanya terbatas pada hal administratif namun juga pada pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dasar semisal suhu laboratorium dan sebagainya. Selain itu harus ada evaluasi dalam pelayanan laboratorium.

“Kalau selama ini pengalaman saya akreditasi di rumah sakit itu memang pelayanan yang menjadi goal itu apa yang ikut dievaluasi,” tambah Prof. Reviono.

Lebih lanjut Prof. Reviono juga menambahkan jika dukungan dari fakultas untuk pengembangan dan kemajuan laboratorium terus diberikan secara maksimal walaupun bertahap agar laboratorium FK UNS menjadi unggulan dibandingkan laboratorium di universitas lain.

“Harapannya dengan laboratorium FK terakreditasi maka akan mempunyai nilai jual baik untuk penelitian ataupun pengujian dari masyarakat. Karena sampai saat ini, biasanya yang berupa pengakuan legalitas dari yang berwenang menjadi pertimbangan masyarakat dalam melakukan penelitian atau pengujian di laboratorium FK” jelas Prof. Reviono.

Dalam kesempatan ini, Kepala Laboratorium Terpadu FK UNS, Dono Indarto, dr., M.Biotech.St, Ph.D., AIFM menyampaikan laporan program yang telah dilakukan selama ini. Persiapan dalam menghadapi akreditasi telah dilakukan sejak tahun lalu dan terus dievaluasi agar saat nanti berlangsung akreditasi bisa mendapatkan hasil yang baik. Selain itu dr. Dono juga menyampaikan jika kegiatan ini merupakan salah satu syarat yang harus dilakukan sebelum menghadapi akreditasi.

“Hari ini, acara Rapat Tinjauan Manajemen ini merupakan persyaratan semua yang sudah kita persiapkan itu terakhir harus ada acara ini karena kemarin sudah ada acara Audit Mutu Internal untuk mengevaluasi apa yang sudah kita lakukan dan rencana ke depannya” pungkas dr. Dono mengakhiri laporannya.

 

 

Reporter    : Muh. Abu Dawud
Editor         : Ari Kusbiyanto
                      Wartini