fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Capping Day Mahasiswa Semester 6 Prodi Kebidanan FK UNS


 

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Kebidanan Program Sarjana Terapan Fakultas Kedokteran Univeristas Sebelas Maret (FK UNS) dalam mengikuti perkuliahan tidak hanya mendapatkan ilmu secara teori saja namun juga dengan menjalani praktik di lapangan. Tujuan kegiatan praktik ini untuk mengimplementasikan teori yang sudah didapat ke pasien secara langsung.

Salah satu kegiatan praktik yang dijalani oleh mahasiswa Prodi Kebidanan Sarjan Terapan FK UNS adalah Praktik Klinik Kebidanan (PKK). Praktik ini sendiri dibagi kedalam beberapa tahap yaitu Praktik Klinik Kebidanan I (Fisiologis), Praktik Klinik Kebidanan II (Fisiologis) dan Praktik Klinik Kebidanan III (Patologis) dan Praktik Kebidanan Komunitas yang semua rangkaian tersebut dilakukan kurang lebih dalam waktu satu bulan.

Sebelum melaksanakan kegiatan PKK tersebut diadakan acara Capping Day yang merupakan seremonial ucap janji dan pemasangan cap (penutup kepala) seragam profesi sebagai simbol jika mahasiswa sudah siap terjun ke lapangan untuk menjalani praktik klinik di lapangan.

Pada hari Rabu (15/6/2022) bertempat di auditorium FK UNS, Prodi Kebidanan Program Sarjana Terapan FK UNS mengadakan acara Capping Day bagi mahasiswa semester 6 yang akan menjalani PKK di beberapa Rumah Sakit di wilayah Solo dan sekitarnya. Sejumlah 26 mahasiswa yang mengikuti acara Capping Day ini merupakan mahasiswa yang sudah memenuhi persyaratan untuk melaksanakan PKK, antara lain lulus teori dan praktik skill lab pada mata kuliah Keterampilan Dasar Kebidanan semester II dan lulus ujian teori berbasis Computer Based Test (CBT) dan skill laboratorium Objective Structured Clinical Examination (OSCE) pada stase Keterampilan Dasar Kebidanan.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama Bisnis, dan Informasi FK UNS, Dr. Selfi Handayani, dr., M.Kes, sekaligus juga memasangkan cap profesi pada perwakilan dari mahasiswa yang akan menjalani kegiatan Praktik Klinik Kebidanan.

Harapannya dengan mengikuti kegiatan Praktik Klinik Kebidanan ini mahasiswa dapat melaksanakan asuhan kebidanan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar manusia, prinsip pencegahan infeksi, pemeriksaan laboratorium/diagnostic, pemberian obat, perawatan luka dan asuhan pada klien yang kehilangan, menghadapi kematian dan setelah kematian.

 

Reporter: Muh. Abu Dawud