fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Sambut Kunjungan Outing Class dari SMA Insan Cendekia Al Mujtaba Boarding School


 

Dokter menjadi salah satu profesi yang banyak diminati oleh sebagian besar anak-anak sekolah. Bisa mengobati dan menolong orang yang sakit, menjadi peneliti atau pengajar di bidang kesehatan membuat profesi ini mempunyai daya tarik yang sangat kuat. Namun untuk menjadi seorang dokter diperlukan usaha yang tidaklah mudah, dibutuhkan kesungguhan dan keseriusan dalam menempuh pendidikan mulai dari jenjang dasar hingga bisa lulus dan meraih gelar sebagai dokter.

Sebagai upaya mengenalkan dunia pendidikan kedokteran bagi siswa-siswinya, Sekolah Menengah Atas (SMA) Insan Cendekia Al Mujtaba Boarding School mengadakan kegiatan Outing Class ke Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) pada hari Kamis (16/6/2022).

Kegiatan ini diawali dengan tour berkeliling ke gedung-gedung di lingkungan FK UNS dipandu oleh beberapa mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter (HMPD) sembari mengenalkan laboratorium serta sarana prasarana yang ada di FK UNS.

Setelah selesai berkeliling, siswa-siswi SMA Insan Cendekia diajak untuk mendengarkan presentasi dari Kepala Program Studi S1 Kedokteran FK UNS, Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr., M.Pd. dan dr. Maryani, M.Si., Sp.MK dari Gugus Kendali Mutu FK UNS.

Dalam sambutannya mengawali acara ini, dr. Eti Poncorini merasa sangat senang atas kunjungan yang dilakukan oleh SMA Insan Cendekia Al Mujtaba ke Fakultas Kedokteran UNS.

“Senang sekali pada pagi hari ini, kami Fakultas Kedokteran kedatangan tamu yang tentunya ini menjadi tugas dari kami untuk memberikan wawasan pada adik-adik semua tentang apa dan siapa sih Fakultas Kedokteran utamanya di Program Studi Kedokteran,” kata dr. Eti.

Lebih lanjut beliau juga mengenalkan secara singkat tentang 19 program studi yang ada di Fakultas Kedokteran UNS.

Pada kesempatan selanjutnya, dr. Maryani dari Gugus Kendali Mutu FK UNS menjelaskan secara detail tentang profil Fakultas Kedokteran UNS serta gambaran proses pendidikan yang harus ditempuh jika berkuliah di Fakultas Kedokteran.

Setelah mendengarkan presentasi, siswa-siswi ini diajak untuk melihat dari dekat laboratoriun yang ada di Fakultas Kedokteran UNS sembari mendengarkan penjelasan dari asisten laboratorium dan dosen yang bertugas.

Salah satu guru yang mendampingi siswa-siswi SMA Insan Cendekia Al Mujtaba, Muhammad Syariful, S.Si., mengatakan jika acara outing class seperti ini diadakan sebagai pembelajaran bagi siswa-siswi untuk lebih mengenal dunia perkuliahan.

“Tujuan kami mengadakan outing class ke FK UNS karena kebanyakan siswa-siswi kami sangat berminat pada dunia kedokteran dan kami sangat berterima kasih kepada FK UNS yang telah menerima kami. Ini sebagai pembelajaran riil bagi anak-anak kami khususnya anak-anak yang hanya di bangku sekolah agar saat lulus dari sekolah tahu persis kondisi riil di dunia perkuliahan,” ucap Muhammad Syariful.

Salah satu siswi SMA Insan Cendekia Al Mujtaba, Khoirunnisa Khaifa Khasanah, yang ditemui sesudah acara mengatakan jika outing class ini sangat menarik dan bermanfaat bagi dia karena memberikan wawasan baru tentang dunia kampus.

“Kami outing class ke sini untuk melihat gambaran besar seperti apa sih kalau kuliah di Fakultas Kedokteran dan setelah melihat lebih dekat dan mendengar presentasi yang diberikan ternyata kuliah di Fakultas Kedokteran itu sangat menarik,” kata Khaifa.

Dengan diadakannya kegiatan outing class seperti ini diharapkan siswa-siswi yang masih duduk di bangku SMA bisa mempunyai wawasan tentang dunia perkuliahan khususnya di Fakultas Kedokteran sehingga saat nanti lulus dari SMA dan berniat meneruskan ke jenjang kuliah, tidak lagi kebingungan saat harus menentukan pilihan program studi yang akan dipilih.

 

Reporter: Muh. Abu Dawud