fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Pengabdian Masyarakat RG Community Applied Midwifery Prodi Kebidanan FK UNS


 

Dalam memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, dosen Program Studi (Prodi) Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) yang tergabung dalam Riset Grup (RG) Community Applied Midwifery melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Sekolah Dasar Negeri Ngoresan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan edukasi berupa sosialisasi vaksinasi Covid-19 dan edukasi lagu bervisualisasi (Lavila) kepada 63 siswa berusia 6 - 12 tahun.

Pendidikan kesehatan yang diberikan kepada para siswa mengenai Covid-19 dilakukan dengan mengkolaborasikan metode ceramah, diskusi dan menyanyikan lagu edukasi lagu visualisi (Lavila). Aktifitas ini berlangsung selama 120 menit dan diikuti oleh seluruh siswa. Untuk menciptakan diskusi yang menyenangkan, para siswa diberikan edukasi lagu bervisualisasi dengan memodifikasi lagu anak dengan lirik tentang Covid-19 agar mudah diterima oleh siswa. Dalam meniru dan menyanyi, terlihat para siswa begitu sangat antusias dan gembira ditunjukkan dengan siswa ikut bernyanyi dan bergerak sesuai dengan yang dicontohkan oleh tim pengabdi.

Menurut Ketua Riset Grup, Angesti Nugraheni, S.ST., M.Kes, tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan kesadaran dan kemauan para siswa dalam vaksinasi Covid-19 dengan harapan para siswa dapat meneraplan protokol kesehatan sehingga bisa menurunkan angka penularan Covid-19.

Selain ketua riset grup, hadir juga beberapa anggota riset grup yang juga dosen di Fakultas kedokteran UNS, antara lain Ika Sumiyarsi Sukamto, S.SiT., M.Kes. Niken Bayu Argaheni, S.ST., M.Keb. Noviyanti Rahardji Putri, S.SiT., M.Tr.Keb dan Iffah Indri Kusmawati, S.ST., M.Keb.

Kegiatan ini adalah kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya dan pada tahun ini mengambil tema tentang vaksinasi dan protocol kesehatan karena bertepatan dengan program vaksinasi anak-anak dan Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Dasar.

Hasil pendidikan kesehatan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini terdapat peningkatan pengetahuan siswa tentang pentingnya vaksin Covid-19 dan protokol kesehatan.


Reporter: Muh. Abu Dawud