fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

RG TRIMED FK UNS Berkontribusi dalam Upaya Pencegahan Stunting melalui Penyegaran Kader Puskesmas Purwodiningratan


 

Research Group (RG) TRIMED (Nutrition, Metabolism and Medicine) Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) kembali melakukan kegiatan pengabdian. Kali ini kegiatan dilakukan bermitra dengan Puskesmas Purwodingratan, pada hari Rabu, tanggal 22 Juni 2022 bertempat di Kelurahan Purwodiningratan, Jebres, Solo.  Pelaksanaan kegiatan didukung penuh oleh Kelurahan dan Puskesmas Purwodiningratan serta mengajak partisipasi aktif dari mahasiswa S2 Gizi UNS sebagai pemberi materi.

Kegiatan yang dipilih adalah ‘Penyegaran kader untuk pemantauan status gizi dan pengayaan MPASI sebagai upaya pencegahan stunting’. Tema ini dipilih mengingat masih tingginya angka stunting, sehingga diperlukan peningkatan kapasitas kader sebagai ujung tombak dalam percepatan penurunan stunting di Posyandu.

Dalam kata sambutannya, Kepala Puskesmas Purwodiningratan, dr. Faradilla Mirsanti MPH, meminta bantuan para kader untuk terus mendukung kegiatan dan meneruskan informasi yang didapat ke kader lainnya dan juga ibu-ibu balita, mengingat yang hadir hanya 40 orang kader sebagai perwakilan dari masing-masing Posyandu.

Pada kesempatan ini ketua RG TRIMED sekaligus memberikan cendera mata untuk Puskesmas Purwodiningratan berupa 7 buah booklet yang berisi aneka informasi terkait pencegahan stunting meliputi: Menu Ibu Hamil; Edukasi Gizi Calon Pengantin; Menu Tepat Balita Sehat; Pentingkah Berat Badan Ibu Saat Hamil; Pemenuhan Gizi Bayi dengan MPASI; Pemilihan Jajanan Balita; serta Pencegahan Anemia pada Ibu Hamil.  Booklet tersebut diharapkan dapat mempermudah petugas Puskesmas dalam memberikan edukasi pada kader dan ibu-ibu balita maupun ibu hamil.

Inti materi yang disampaikan yang pertama adalah menyegarkan kembali cara menimbang dan mengukur tinggi badan balita yang diberikan dalam bentuk diskusi tanya jawab dan juga simulasi cara menimbang dan mengukur tinggi badan. Selanjutnya diberikan materi mengenai MPASI, yang meliputi pemilihan bahan, tahapan pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) dan bagaimana memperkaya kandungan gizi bahan makanan.

Di akhir acara diberikan doorprize pada 5 orang peserta yang berpartisipasi aktif dalam diskusi serta ditutup dengan foto Bersama anggota TRIMED, mahasiswa S2 Gizi, petugas gizi Puskesmas Purwodiningratan dan peserta.   

 

Reporter: Muh. Abu Dawud