fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Jalin Kerja Sama dengan PT Pertamina Bina Medika Indonesia Healthcare Corporation (Pertamedika IHC)


 

Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) pada hari Jum’at (22/07/2022) menerima kunjungan perwakilan dari PT Pertamina Bina Medika Indonesia Healthcare Corporation (Pertamedika IHC) dalam rangka penandatanganan perjanjian kerja sama. Perwakilan dari Pertamedika IHC ini diterima oleh Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum, serta jajaran Dekanat Fakultas Kedokteran UNS di ruang kerja Rektor sebelum berpindah ke Auditorium Fakultas Kedokteran UNS untuk penandatanganan perjanjian kerja sama.

Dalam kunjungannya kali ini, Vice President Human Capital and General Affair PT Pertamina Bina Medika, dr. Riny Utami, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerja sama yang dijalin antara Pertamedika IHC dengan Fakultas Kedokteran UNS.

“Kami mengucapkan terima kasih sekali Pak Rektor, Pak Dekan atas kerja sama ini walaupun sebenarnya masih baru permulaan penjajakan namun sudah mendapatkan dukungan yang luar biasa seperti ini, mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik sekali untuk kedepannya. Jadi kerja sama ini tidak hanya bidang pendidikan, kebutuhan penempatan dokter spesialis namun juga nanti tentang hal-hal yang lain,” ucapnya.

Rektor Universitas Sebelas Maret, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum berharap selain kerja sama di bidang pendidikan, kedepan juga bisa terjalin kerja sama dalam pengembangan Rumah Sakit UNS.

“Kami mempunyai Rumah Sakit UNS yang masih ada lahan cukup luas untuk bisa dikembangkan lagi, semoga bisa terwujud kerjasama dalam pengembangannya kedepan bersama Pertamedika,” ucap Prof. Jamal.

Penandatangan perjanjian kerjasama dilakukan langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K)., dengan Vice President Human Capital and General Affair PT Pertamina Bina Medika, dr. Riny Utami di gedung Auditorium Fakultas Kedokteran UNS.

Tujuan dari penandatanganan perjanjian kerjasama ini selain memberikan kesempatan berkarir bagi lulusan Fakultas Kedokteran UNS, Pertamedika IHC juga menyiapkan beasiswa bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS yang terpilih dan memenuhi persyaratan dengan menanggung semua biaya pendidikan dari awal masuk perkuliahan hingga lulus perkuliahan.

Pertamedika IHC mempunyai 76 rumah sakit dan 143 klinik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang masih membutuhkan banyak tenaga medis baik dokter, perawat ataupun bidan sehingga dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat mempercepat pemenuhan kebutuhan tenaga medis bagi Pertamedika IHC sekaligus juga memberikan kesempatan bagi lulusan dari Fakultas Kedokteran UNS untuk bisa berkarir bersama Pertamedika IHC.

Dekan Fakultas Kedokteran UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) sangat bersyukur atas terjalinnya kerja sama dengan Pertamedika IHC dan berharap akan banyak manfaat yang dihasilkan dari kerja sama ini.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya kerja sama ini, jadi ini adalah kerjasama yang matching dimana kami membutuhkan dan dari Pertamedika IHC menyediakan hal seperti itu jadi bisa bermanfaat juga bagi kepentingan bangsa dan negara,” ucapnya.

Lebih lanjut beliau mengatakan jika suatu perjanjian kerja sama jangan sampai hanya sebatas dalam tulisan namun harus bisa menghasilkan produk-produk buah dari kerja sama tersebut.

“Kita harus berhati-hati karena banyak dari MoU itu yang tidur yang hanya tertulis saja. Semoga kerja sama ini nanti bisa benar-benar menghasilkan produk-produk yang bermanfaat karena hasil dari kerja sama ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” pungkasnya.

Kegiatan ini selain diisi dengan prosesi penandatanganan perjanjian kerja sama, juga dilakukan tanya jawab antara mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS dengan pihak Pertamedika IHC mengenai jenjang karir dan beasiswa yang ditawarkan oleh Pertamedika IHC.

 

Reporter: Muh. Abu Dawud