fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Lantik 110 Mahasiswa Baru Program Pendidikan Dokter Spesialis


 

Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) kembali melantik mahasiswa baru Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) pada hari Senin, 1 Agustus 2022. Mahasiswa baru ini merupakan hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret tahun akademik 2022/2023 yang proses pendaftarannya dimulai pada bulan Maret tahun 2022 dan telah memenuhi persyaratan serta telah melakukan registrasi ulang.

Sejumlah 110 mahasiswa baru PPDS yang mengenakan jas almamater berwarna biru ini nampak antusias dalam mengikuti acara pelantikan yang dihadiri oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., jajaran Dekanat Fakultas Kedokteran serta Kepala Program Studi PPDS FK UNS.

Kepala UPT SPMB UNS, Prof. Dr. Ir. Hadi Wiyono, M.Si dalam kesempatan ini menjelaskan secara singkat tentang proses seleksi penerimaan mahasiswa baru PPDS FK UNS.

“Proses seleksi ini dibagi menjadi dua tahap, seleksi tahap satu dilakukan dengan cara melakukan ujian online dengan materi TPA dan Bahasa Inggris. Pada ujian tahap satu jumlah pendaftar adalah 329, dari jumlah itu peserta yang dinyatakan lulus ujian adalah 282 peserta atau 85,71%,” katanya.

Lebih lanjut Prof. Hadi Wiyono menyampaikan jika ujian tahap dua dilakukan seluruhnya secara luring.

“Ujian tahap kedua meliputi tes wawancara program studi, tes bidang keilmuan, psikotes, portofolio, tes kesehatan fisik atau MCU serta wawancara oleh pimpinan universitas dan rumah sakit,” jelasnya.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Universitas Sebelas Maret terus mendorong alumni-alumninya untuk meningkatkan mutu akademik dan mutu pendidikannya.

“Seiring dengan status UNS sebagai perguruan tinggi yang otonom, diharapkan oleh pemerintah atau Menteri Pendidikan bahwa mutu pendidikan yang ada di UNS sejajar dengan mutu pendidikan yang ada di universitas-universitas di negara maju. Khususnya pendidikan di Fakultas Kedokteran terkhusus lagi Program Pendidikan Dokter Spesialis,” ucapnya.

Beliau juga menitipkan mahasiswa-mahasiswa PPDS ini kepada jajaran Dekanat serta para Kaprodi PPDS Fakultas Kedokteran UNS.

“Kami menitipkan pesan agar untuk selalu memperbaiki proses-proses pendidikan baik di universitas maupun di rumah sakit,” ucapnya.

Mahasiswa Baru PPDS ini nantinya akan menjalani kegiatan Pra Pendidikan selama 10 hari yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran dan Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta (RSDM) sebelum memulai masa pendidikan yang sebagian besar akan dijalani di RSDM.


Repoter: Muh. Abu Dawud