fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Gelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 141 Dokter Baru


 

Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK-UNS) kembali menggelar acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter pada Sabtu (6/08/2022). Pelantikan dan Sumpah Dokter ini merupakan periode 220 yang digelar Fakultas Kedokteran UNS sejak berdiri pada tahun 1976. Sebanyak 141 peserta mengikuti acara ini yang terdiri dari 37 peserta laki-laki dan 104 peserta perempuan.

Peserta dalam kegiatan ini adalah mereka yang telah dinyatakan lulus Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang telah dilaksanakan pada bulan Mei 2022. UKMPPD ini dikuti oleh 144 peserta dengan jumlah peserta lulus sebanyak 141 orang (98%) sedangkan tingkat kelulusan first taker sebanyak 140 orang (98,5%).

Perwakilan Dokter Baru, dr Irfan Syarif dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya atas ilmu yang didapat selama menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran UNS.

“Pada kesempatan ini saya mewakili 141 dokter baru mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berjasa dalam setiap ukiran kisah hidup kami, dari awal kami masuk Fakultas Kedokteran hingga hari ini,” ungkapnya.

Ketua Ikatan Alumni (IKA) FK UNS, Sri Pratomo, dr., Sp.B., FINACS, FICS yang juga menghadiri acara ini berpesan kepada dokter baru agar tetap menjalankan 3K yaitu kesejawatan, kesantunan, dan kebersamaan. Selain itu beliau juga menekankan pentingnya memahami isi dari sumpah yang telah diucapkan.

“Saya harap sumpah dokter itu bukan hanya untuk dihafal, tapi juga untuk dihayati isinya. Bagaimana sejak janin belum lahir hingga pasien meninggal dunia, semua menjadi tanggung jawab kita,” ucap dr. Sri Pratomo.

Wakil Direktur Bidang Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta Dr. Heri Dwi Purnomo, dr., Sp.An(K) dalam kesempatan ini berharap adanya regulasi baru yang bisa mewadahi para dokter baru dengan prestasi untuk bisa menempuh pendidikan sebagai dokter spesialis di UNS.

“Kami berharap adanya regulasi baru dari universitas untuk menampung mereka yang ranking-ranking terbaik untuk masuk di (pendidikan) spesialis yang ada di Rumah Sakit Dr. Moewardi sehingga saat kami membutuhkan regenerasi maka kami mempunyai banyak pilihan dokter berkualitas,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) mengatakan jika para dokter baru ini harus mempunyai integritas yang tinggi agar bisa berhasil menjadi seorang dokter yang baik.

“Integritas itu adalah tentang kualitas anda sendiri, misalnya kejujuran, kedisiplinan, etika sopan santun. Itu semua menjadi mata uang yang mempunyai nilai tinggi dan laku dimana-mana. Kalau anda mempunyai integritas tinggi maka anda akan diterima dimanapun,” ucap Prof. Reviono.

Pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter kali ini, terdapat 1 peserta dengan predikat Cumlaude dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Maria Angela Sasono dengan IPK 3.86. Dengan dilantiknya dokter periode ke 220 pada hari ini, maka sejak berdirinya tahun 1976 Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, telah meluluskan 6.823 (Enam ribu delapan ratus dua puluh tiga) orang dokter, yang sudah tersebar di seluruh tanah air dan telah mengabdikan ilmunya pada berbagai instansi baik dibidang pelayanan kesehatan, pendidikan, penelitian, serta sebagai dokter pemerintah, swasta, TNI/POLRI maupun lainnya.

 

Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini