fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2022/2023


 

Sebanyak 567 mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) dan Fakultas Psikologi pada hari ini, Minggu (14/8/2022) mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di tingkat fakultas setelah kemarin mengikuti kegiatan Pelantikan dan Pengukuhan Mahasiswa Baru oleh Rektor Universitas Sebelas Maret dan kuliah umum oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P.

Kegiatan hari ini dimulai dengan pemasangan selempang pada 3 perwakilan mahasiswa baru oleh Dekan Fakultas Kedokteran UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) sebagai tanda dimulainya kegiatan PKKMB tingkat fakultas.

Pada hari kedua pelaksanaan PKKMB ini berfokus pada pengenalan Fakultas Kedokteran UNS pada mahasiswa baru yang meliputi tentang materi kegiatan pembelajaran, materi layanan akademik dan kemahasiswaan serta materi bidang umum dan keuangan. Selain itu mahasiswa baru juga diberikan materi tentang wawasan almamater dan etika tata kehidupan kampus.

Dalam kesempatan ini Dekan Fakultas Kedokteran UNS menjelaskan jika proses pembelajaran di jenjang perkuliahan dengan sekolah menengah sangatlah berbeda sehingga mahasiswa dituntut untuk mandiri dalam belajarnya.

“Waktu sekolah menengah sebagian besar anda akan dituntun, ada guru yang setiap hari mengajari, menunjukkan saat anda tidak tahu. Nah saat proses pendidikan di S1 ini ada peralihan, anda semuanya akan mandiri, karena karakter dari mahasiswa itu adalah mandiri,” jelasnya.

Prof. Reviono juga mewanti-wanti agar mahasiswa segera menyesuaikan diri dengan perubahan proses pembelajaran dan harus lebih tekun dalam belajar karena persaingan sangat ketat.

“Anda yang berada disini adalah orang-orang yang terpilih dengan kemampuan akademis yang mumpuni, namun harap diingat disini tidak bisa santai-santai, disini benar-benar ketat, tempat pembelajaran yang sangat ketat dengan disiplin dan jadwal perkuliahan yang ketat. Kalau tidak siap ya lebih baik mundur dari sekarang,” ucap Prof. Reviono.

Beliau juga menitipkan pesan agar kelak saat mahasiswa baru ini telah selesai menempuh pendidikan maka harus mempunyai 7 hal yaitu, menjadi professional luhur, menjadi pribadi yang mawas diri dan mengembangkan diri, mempunyai komunikasi yang efektif, mampu mengelola informasi dengan baik, berlandaskan keilmiahan, mempunyai ketrampilan klinis, menguasai pengelolaan tentang kesehatan.

Kegiatan PKKMB di tingkat fakultas ini masih akan berlangsung hingga esok hari dengan materi pengenalan lebih dalam tentang program studi dan berbagai kegiatan lainnya.

 


Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini