fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Adakan Lomba 17 Agustus Bukan Sekedar Seru-Seruan


 

Setiap 17 Agustus, berbagai perlombaan sederhana yang seru kerap kali mewarnai perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Keseruan lomba yang mengundang gelak tawa tersebut biasanya disiapkan dengan matang oleh panitia setempat, sehingga dapat mempererat hubungan antar pribadi.

Tradisi atau budaya membuat perlombaan ini muncul karena antusiasme peserta yang ingin memeriahkan perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan cara yang menyenangkan. Saat itu, presiden pertama Indonesia, Sukarno, adalah salah satu orang yang paling bersemangat dengan lomba 17 Agustus ini.

Hal itulah yang membuat tradisi lomba 17 Agustus semakin menyebar luas ke seluruh Tanah Air. Lomba-lomba yang biasa diadakan bermacam-macam, di antaranya, balap karung, panjat pinang, makan kerupuk, tarik tambang, dan sebagainya.

Namun, tak hanya sebagai ajang seru-seruan, ternyata ada makna yang terkandung di balik setiap lomba 17-an tersebut:

1. Lomba balap karung
Lomba balap karung adalah lomba yang menggunakan karung bekas, misalnya karung goni. Peserta harus memasukkan bagian kakinya atau setengah tubuhnya ke dalam karung, kemudian melompat-lompat kecil hingga melewati garis finish. Makna lomba  ini menyimbolkan pakaian sederhana yang pada zaman dulu dikenakan masyarakat Indonesia.

2. Panjat pinang
Lomba panjat pinang merupakan lomba berbentuk tim, bukan individual. Setiap tim harus bergotong royong memperebutkan hadiah dengan memanjat sebuah tiang dengan beragam hadiah di puncaknya. Dulu, lomba ini diadakan sebagai hiburan dan bahan tertawaan kaum kolonial Belanda. Mereka ingin melihat masyarakat pribumi memperebutkan 'barang mewah' seperti keju, gula, dan pakaian. Pada saat masyarakat pribumi berjuang untuk mendapatkan hadiah, mereka yang menonton pun menjadikan hal itu sebagai bahan tertawaan. Lomba ini menyimbolkan perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.

3. Makan kerupuk
Dalam lomba ini, kerupuk digantung dengan seutas tali, kemudian peserta harus memakannya tanpa boleh menggunakan tangan. Peserta yang berhasil menghabiskan lebih dulu, dialah pemenangnya. Lomba makan kerupuk menyimbolkan kesederhanaan karena kerupuk merupakan makanan yang murah dan mudah didapat.

4. Tarik tambang
Sama seperti panjat pinang, tarik tambang juga merupakan lomba berbentuk tim. Kedua tim akan saling tarik menarik tali tambang, lalu perlombaan akan selesai jika salah satu tim tumbang. Makna dari lomba ini adalah memperlihatkan perjuangan pahlawan yang dipaksa bekerja. Selain itu, lomba ini juga memiliki makna gotong royong, kebersamaan, dan solidaritas masyarakat Indonesia.

Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus selalu memberikan kesan tersendiri. Di tanggal tersebut, masyarakat Indonesia banyak mengisi hari kemerdekaan dengan melakukan berbagai kegiatan, seperti upacara bendera atau mengadakan lomba.

Namun, yang paling ditunggu ialah lomba 17 Agustus yang dilakukan di setiap penjuru kota. Perlombaan ini menjadi salah satu tradisi tahunan yang dilakukan secara serentak usai upacara bendera.

Sebagai salah satu upaya menjaga dan meng-upgrade semangat kemerdekaan, beragam lomba dan hadiah menarik disiapkan. Meski setiap tahunnya lomba 17 Agustus yang digelar cenderung sama, tetapi tak banyak yang tahu bahwa lomba-lomba tersebut sarat akan makna.

Jumat (12/8/2022) Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-77, dengan mengadakan berbagai kegiatan dan perlombaan. Usai melakukan senam ceria bersama di lapangan futsal FK UNS, dilanjutkan dengan  mengadakan berbagai lomba yang diikuti oleh Civitas Akademika FK UNS.

Kegiatan yang dilaksanakan  dimulai sejak pukul 06.00 pagi dan berakhir hingga pukul 12.00 siang. Diharapkan melalui kegiatan ini, Civitas Akademika dapat memupuk kebersamaan dalam memelihara semangat kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia dengan nilai-nilai Kesatuan dan Persatuan.

 

Reporter: Ari Kusbiyanto
Editor: Wartini