fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Sambut Kunjungan Benchmarking dari Institut Pertanian Bogor (IPB)


 

Fakultas kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) pada hari Jumat (16/09/2022) menerima kunjungan dinas dari Badan Pengembangan Institut (BPI) Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam rangka benchmarking.

Tim BPI IPB yang berjumlah 14 orang ini dipimpin oleh Kepala BPI IPB, Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, M.S. dan disambut langsung oleh Dekan Fakultas Kedokteran UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K) dan jajaran wakil dekan serta tim pengembangan kurikulum Fakultas Kedokteran UNS.

Dalam kesempatan ini Prof. Yonny Koesmaryono menyampaikan jika BPI sebenarnya sudah sejak tahun 2006 mempunyai gagasan untuk mendirikan Fakultas Kedokteran namun masih terkendala berbagai permasalahan. Menurutnya kunjungan ke FK UNS ini sebagai salah satu usaha BPI IPB untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang proses mendirikan Fakultas Kedokteran.

“Kehadiran kami disini adalah sebagai benchmarking, kami sudah banyak mendengar tentang Fakultas Kedokteran UNS yang dalam tanda petik menjadi lokomotif dari kemajuan di UNS,” ucapnya.

“Mudah-mudahan kami bisa mendapatkan pembelajaran, mendapatkan informasi tentang apa dan bagaimana UNS mengembangkan Fakultas Kedokteran dan saat ini sudah berkembang sejauh apa khususnya tentang mempersiapkan dosen karena salah satu kendala kami untuk mempersiapkan fakultas kedokteran kami ini adalah dosen,” lanjutnya.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran UNS, Prof. Reviono menyambut baik rencana IPB untuk mendirikan Fakultas Kedokteran, namun menurut beliau untuk bisa menjalankan sebuah Fakultas Kedokteran yang baik dituntut tanggung jawab yang tidak ringan.

“Sebenarnya pengelolaan Fakultas Kedokteran ini memang berbeda dengan fakultas lain, karena persyaratan-persyaratan yang berbeda dengan fakultas lain semisal mengharuskan ada rumah sakit selain juga bentuk pembelajaran yang berbeda dengan fakultas lain. Nah hal-hal seperti itu quality controlnya cukup sulit, penjaminan mutunya tidak mudah,” ucap prof. Reviono.

Selain bertukar informasi dan tanya jawab tentang proses pendirian Program Studi dan Fakultas Kedokteran, tim BPI IPB juga diberikan kesempatan untuk melihat secara langsung proses pendidikan yang sedang berlangsung di Fakultas Kedokteran. Melihat bagaimana proses tutorial mahasiswa dan mengunjungi fasilitas pendidikan yang terdapat di Fakultas Kedokteran seperti Skills Lab, Laboratorium Komputer dan Laboratorium Anatomi.

 

Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini