fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Sebagai Upaya Penjaminan Mutu Kurikulum, Prodi S1 Kedokteran FK UNS Adakan Lokakarya Evaluasi Kurikulum


 

Sebuah perguruan tinggi dalam menjalankan proses pendidikannya harus mempunyai kurikulum pendidikan yang jelas dan tepat. Hal ini bertujuan agar lulusan yang dihasilkan nantinya mempunyai kualitas yang setara dengan kualifikasi yang disepakati dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) dalam menjalankan proses pendidikan kedokteran juga mempunyai kurikulum pendidikan yang secara rutin direview dan dievaluasi demi terjaminnya kualitas lulusan yang dihasilkan.

Program Studi (Prodi) S1 Kedokteran pada hari Rabu (21/09/2022) mengadakan kegiatan Lokakarya Evaluasi Kurikulum yang dihadiri oleh seluruh Kepala Laboratorium yang ada di FK UNS, Ketua Blok dan Kepala Puskesmas Jejaring di wilayah Surakarta dan sekitarnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Kemahasiswaan FK UNS, Paramasari Dirgahayu, dr., Ph.D. Dalam sambutannya dr. Paramasari menyampaikan jika kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang rutin dilakukan sebagai bentuk penjaminan mutu kualitas kurikulum yang dipakai dalam proses pembelajaran mahasiswa di FK UNS sehingga masukan dari wahana pendidikan akan sangat dibutuhkan.

“Kami mengucapkan terima kasih telah dibantu oleh wahana-wahana pendidikan sehingga peserta didik kami bisa mendapatkan kompetensi sesuai dengan visi kami di bidang komunitas. Pada kesempatan kali ini kami berharap adanya masukan untuk kami agar celah kekurangan yang masih kami miliki bisa kami perbaiki dan tingkatkan kualitasnya,” ucap dr. Paramasari.

Kepala Prodi S1 Kedokteran FK UNS, Dr. Eti Poncorini P, dr., M.Kes pada kesempatan ini menyampaikan jika kegiatan ini diperlukan karena ada berbagai hal yang bisa mempengaruhi perkembangan kurikulum yang ada.

“Memang setiap kurikulum perlu dilakukan evaluasi atau review, karena kita juga harus melihat berbagai hal yang bisa saja mempengaruhi kurikulum tersebut misalnya update dari ilmu pengetahuan kemudian berbagai macam system yang ada, itu semua perlu kita pertimbangkan untuk melakukan tinjauan kembali pada kurikulum yang saat ini tengah berjalan,” ucap dr. Eti.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kurikulum yang dipakai dalam proses pembelajaran mahasiswa FK UNS bisa terus terjaga mutunya sehingga lulusan yang dihasilkan oleh FK UNS mempunyai kompetensi yang mumpuni.

 

Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini