fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

FK UNS Terima Kunjungan Outing Class dari Siswa-Siswi SMA Science Plus Baitul Quran Boarding School Sragen


 

Dokter menjadi salah satu profesi yang banyak diminati oleh sebagian besar anak-anak sekolah. Bisa mengobati dan menolong orang yang sakit, menjadi peneliti atau pengajar di bidang kesehatan membuat profesi ini mempunyai daya tarik yang sangat kuat. Namun untuk menjadi seorang dokter diperlukan usaha yang tidaklah mudah, dibutuhkan kesungguhan dan keseriusan dalam menempuh pendidikan mulai dari jenjang dasar hingga bisa lulus dan meraih gelar sebagai dokter.

Sebagai upaya mengenalkan dunia pendidikan kedokteran bagi siswa-siswinya SMA Science Plus Baitul Quran Boarding School Sragen mengadakan kegiatan Outing Class ke Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) pada hari Kamis (22/9/2022).

Sebanyak 146 orang siswa kelas XI yang didampingi oleh 7 guru pendamping ini diterima oleh dr. Dian Nugroho, M.Med.Ed dan dr. Lukman Aryoseto, M.K.M. Dalam kesempatan ini dipresentasikan tentang profil FK UNS, proses penerimaan mahasiswa, fasilitas yang dimiliki dan gambaran pembelajaran di FK UNS.

Menurut dr. Dian Nugroho dalam penjelasannya, sebagai mahasiswa kedokteran tidak hanya dituntut pandai dalam hal akademis saja namun juga harus mengasah soft skill yang nantinya akan menunjang keberhasilan dalam dunia pekerjaan. Selain itu Fakultas Kedokteran UNS sendiri juga mempunyai gugus mutu untuk menjamin kualitas lulusan yang dihasilkan.

“Jadi ada yang namanya gugus mutu yang tugasnya mengawal secara ketat agar adik-adik mahasiswa bisa menjadi lulusan yang bereputasi tidak hanya nasional namun juga internasional,” jelasnya.

Kepala Sekolah SMA Science Plus Baitul Quran Boarding School Sragen,Ustadz Ifa Ainur Razi, Lc dalam kesempatan ini mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada siswa-siswinya untuk bisa melihat lebih dekat Fakultas Kedokteran.

“Tentunya kami menyampaikan terima kasih kepada Fakultas Kedokteran UNS yang telah memberikan ijin kepada kami untuk langsung belajar, berkunjung, melihat situasi kondisi Fakultas Kedokteran UNS. Salah satu fakultas yang menjadi favorit bagi siswa dan siswi di sekolah kami,” ucap ustadz Ifa.

Dalam kegiatan ini juga dihadirkan ketua dan pengurus Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter (HMPD) untuk sharing dan tanya jawab tentang pengalaman menjalani perkuliahan di Fakultas Kedokteran UNS.

Kegiatan ini diakhiri dengan kunjungan laboratorium ke laboratorium anatomi FK UNS, nampak para siswa sangat antusias saat melihat untuk pertama kalinya cadaver dan berbagai organ manusia yang diawetkan sebagai media praktikum mahasiswa kedokteran. Tak hanya melihat saja namun mereka juga mendapatkan penjelasan secara singkat dari dr. Lukman Aryoseto tentang organ apa saja yang ada di laboratorium tersebut.

Dengan diadakannya kegiatan outing class seperti ini diharapkan siswa-siswi yang masih duduk di bangku SMA bisa mempunyai wawasan tentang dunia perkuliahan khususnya di Fakultas Kedokteran sehingga saat nanti lulus dari SMA dan berniat meneruskan ke jenjang kuliah, tidak lagi kebingungan saat harus menentukan pilihan program studi yang akan dipilih.

 

Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini