fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Rektor UNS beserta Anggota RKPU Tinjau Laboratorium Hewan Coba FK UNS


 

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum, beserta anggota RKPU pada hari Jumat (4/11/2022) meninjau Laboratorium Hewan Coba (LHC) yang dimiliki Fakultas Kedokteran (FK) UNS. Kegiatan ini ditandai dengan pemotongan rangkaian bunga melati di lobi lantai 3, Gedung F, FK UNS.

Laboratorium yang diresmikan pada bulan April tahun ini diharapkan bisa mempermudah dosen atau mahasiswa yang ingin melakukan penelitian dengan media hewan coba. Sebelumnya banyak dosen atau mahasiswa yang harus ke Yogyakarta, Surabaya atau Bogor untuk menggunakan fasilitas laboratorium hewan coba.

Prof. Jamal dalam kesempatan ini menjelaskan jika pembangunan LHC ini non APBN dan murni dari Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) FK UNS.

“Pada kesempatan ini kita mengunjungi Medical Animal Laboratory yang sebetulnya sudah diresmikan pada 1 April 2022 namun kita baru berkesempatan untuk melihat secara langsung pada hari ini,” katanya.

“Saya sangat berharap Fakultas Kedokteran bisa memanfaatkan, mengoptimalkan, menggunakan laboratorium ini khususnya pelayanan untuk mahasiswa tetapi juga terkait dengan riset-riset dan publikasi, tetapi juga tidak menutup kemungkinan laboratorium ini digunakan untuk publik,” tutupnya.

drh. Khesara Sastrin Prasita Negara, M.Sc. selaku Kepala Sub Laboratorium Hewan Coba FK UNS dalam presentasinya didepan Rektor dan anggota RKPU menjelaskan tentang fasilitas yang dimiliki oleh LHC FK UNS.

“Laboratorium ini melayani seluruh sivitas akademika dan instansi terkait lainnya dalam bentuk konsultasi pengujian in vivo, penyediaan hewan percobaan, dan penyediaan kandang hewan laboratorium serta kegiatan lainnya yang terkait pemeliharaan dan perlakuan hewan coba seperti sonde, pengambilan darah, pengambilan organ, dan pengambilan cairan tubuh,” jelasnya.

Setelah mendengarkan presentasi, Rektor dan anggota RKPU menuju ke ruang unit penelitian untuk melihat kegiatan mahasiswa yang sedang melakukan perlakuan pada hewan coba.

Pada saat ini terdapat beberapa mahasiswa dari luar UNS yang melakukan penelitian dengan menggunakan hewan coba di LHC FK UNS. Diharapkan ke depan semakin banyak lagi mahasiswa ataupun dosen yang melakukan penelitian atau riset di laboratorium ini.

 

Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini