fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

72 Siswa SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang Kunjungi FK UNS untuk Mengenal Pendidikan Kedokteran


 

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) pada Senin (29/11/2022) menerima kunjungan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Nurul Fikri Boarding School Lembang. Sebanyak 72 siswa dan 10 guru pendamping yang mengikuti kegiatan visit kampus ini diterima langsung oleh dr. Maryani, M.Si, Sp.MK selaku Kepala Gugus Kendali Mutu mewakili Kepala Program Studi Pendidikan Dokter FK UNS yang berhalangan hadir.

Pada kesempatan ini, Kepala Sekolah Nurul Fikri Boarding School Lembang, Nanang, S.Si menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada siswa-siswinya untuk melihat secara langsung Fakultas Kedokteran UNS.

“Kami mohon bimbingan, arahan dan penjelasan karena banyak dari anak-anak kami berminat untuk masuk di Fakultas Kedokteran Harapannya, apabila nanti diperkenalkan dengan dunia perkuliahan khususnya kedokteran di perguruan tinggi, anak-anak kami yang akan lulus tidak lagi kebingungan harus memilih jurusan apa,” ucapnya.

“Dan yang pasti, harapan kami adalah pada tahun depan ada anak kami yang diterima atau diundang di Fakultas Kedokteran UNS ini,” tutupnya.

Kegiatan visit kampus ini diawali dengan pemaparan profil prodi pendidikan Dokter FK UNS oleh dr. Maryani, M.Si., Sp.MK dilanjutkan dengan penjelasan tentang proses penerimaan mahasiswa, fasilitas yang dimiliki dan gambaran pembelajaran di FK UNS. Acara juga diisi sesi tanya jawab dengan para siswa. Selanjutnya para siswa diajak berkeliling ke berbagai tempat untuk melihat sarana dan prasarana yang dimiliki FK UNS.

“Kuliah di kedokteran tidak selalu nantinya menjadi dokter yang klinisi atau bersentuhan langsung dengan orang sakit, bisa nanti mengembangkan diri menjadi akademisi bahkan peneliti di bidang kedokteran,” jelas dr. Maryani.

“Dokter itu adalah profesi yang terstandarisasi di Indonesia, lulus sebagai dokter berarti sudah memenuhi standar yang ditentukan oleh pemerintah sehingga pada proses pembelajarannya pun harus terstandar,” lanjutnya.

Dengan diadakannya kegiatan outing class seperti ini diharapkan siswa-siswi yang masih duduk di bangku SMA bisa mempunyai wawasan tentang dunia perkuliahan khususnya di Fakultas Kedokteran sehingga saat nanti lulus dari SMA dan berniat meneruskan ke jenjang kuliah, tidak lagi kebingungan saat harus menentukan pilihan program studi yang akan dipilih.

 

Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini