fk@fk.uns.ac.id +62 271 664178

Dekan FK UNS Lantik 19 Ketua Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) FK Periode 2023


 

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS), Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K), secara resmi melantik 19 ketua Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) FK UNS Periode 2023 pada Jumat (06/01/2023), bertempat di Auditorium FK UNS. Ormawa merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kapasitas dirinya sebagai mahasiswa berupa aspirasi, inisiasi, atau gagasan-gagasan positif dan kreatif melalui peran serta dalam berbagai kegiatan yang relevan.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan; Wakil Dekan Sumber Daya Manusia, Keuangan, dan Logistik; Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama Bisnis, dan Informasi; dosen pembina Ormawa; Sub Koordinator Akademik FK; staff FK terkait; serta para ketua Ormawa periode 2022. Melalui kegiatan ini, selain melantik ketua Ormawa yang baru, Dekan juga memberhentikan dengan hormat para ketua Ormawa periode sebelumnya.

Dalam sambutannya, Dekan FK UNS menyampaikan bahwa kegiatan mahasiswa itu pastilah tidak boleh berhenti dan selalu ada kesinambungan antara yang lama dan yang baru. Karena prestasi yang didapat akan berpengaruh juga pada peningkatan pemeringkatan Perguruan Tinggi.

“Yang dikompetisikan dengan fakultas ataupun universitas yang lain, berdasarkan peningkatan pemeringkatan Perguruan Tinggi itu dua, yakni: dosen dan mahasiswa. Jadi prestasi mahasiswa ada di situ. Prestasinya yang diadu bisa dari bidang penalaran (akademik atapun ilmiah), kemudian bisa juga di bidang olahraga, bidang seni, maupun juga organisasi, baik tingkat internasional maupun nasional yang mana akan mempengaruhi pemeringkatan perguruan tinggi dan tentunya untuk fakultas juga,” jelas Prof. Reviono.

Prof. Reviono juga menjelaskan bahwa dosen pembimbing Ormawa siap untuk membantu, serta fakultas juga semaksimal mungkin memberikan sarana dan prasarana yang memadahi untuk menunjang pemerolehan prestasi-prestasi mahasiswa baik bidang akademik maupun non akademik. Sehingga diharapkan setiap mahasiswa bisa mendapatkan penghargaan paling tidak satu prestasi selama proses belajarnya. Beliau juga berharap bahwa para ketua Ormawa yang baru dilantik ini dapat mengkoordinir rekan-rekannya untuk memperoleh prestasi.

“Faktor lingkungan dan situasi kondisi yang ada, menyebabkan kecenderungan penurunan di tahun-tahun akhir ini, mungkin karena pandemi atau karena terlena oleh sesuatu yang sebenarnya kurang produktif. Jadi itu yang nanti menjadi tugas-tugas anda sekalian yang menjadi ketua ormawa saat ini, bagaimana membangkitkan rekan-rekanmu yang setelah masuk sesuai passion-passionnya di masing-masing UKM ini, untuk bisa lebih giat lagi dan membuat prestasi-prestasi. Di FK UNS input mahasiswa yang masuk itu tinggi, karena angka ketetatannya tinggi, masuk 10 besar peringkat ketetanan nasional. Mestinya berkesinambungan, input yang baik akan menghasilkan suatu prestasi-prestasi yang baik,” pesan Prof. Reviono kepada ketua Ormawa yang baru dilantik.

Pada penutup sambutannya, Prof. Reviono juga mengapresiasi para ketua Ormawa periode 2022 yang sudah bekerja dengan baik selama masa tugasnya. Acara ini ditututup secara simbolik dengan penyerahan bendera Ormawa dari pengurus lama kepada pengurus baru.

 

 

Reporter: Muh. Abu Dawud
Editor: Wartini